INDONEWS.ID

  • Jum'at, 07/04/2023 08:35 WIB
  • KBRI Astana Menggelar Malam Budaya Indonesia-Kazakhstan dan Buka Puasa Bersama dengan DPD RI

  • Oleh :
    • luska
KBRI Astana Menggelar Malam Budaya Indonesia-Kazakhstan dan Buka Puasa Bersama dengan DPD RI

Kazakhstan, INDONEWS.ID -- KBRI Astana melaksanakan acara buka puasa bersama dengan DPD RI yang juga dihadiri Konselor Kehormatan (Konhor) KBRI Astana, Mr. Karymsakov Serik pada Rabu (5/4). Bukber di Wisma Indonesia Astana ini dikemas dalam beberapa acara, antara lain persembahan musik Kazakhstan, kuliner, foto kostum Kazakhstan dan lainnya. 

Acara ini juga sekaligus merayakan momen Nauryz. Bagi Masyarakat Kazakhstan dan sekitarnya, Nauryz merupakan doa akan datangnya kesejahteraan, kesuburan dan kedamaian. Nauryz biasanya dimeriahkan juga dengan tradisi tukar menukar cinderamata. 

Baca juga : Dubes Fadjroel Bangga Tim Pencak Silat Kazakhstan Meraih 9 Emas di Kejuaraan Internasional di Dubai

Pertunjukan kebudayaan Kazakhstan kepada delegasi DPD RI bertujuan agar para tamu semakin mengenal Kazakhstan. Para senator tampak menikmati penampilan musik Kazakhstan yang dibawakan Ms Dana yang menggunakan alat musik tradisional Dombra dan kobiz. Senator juga berfoto dengan kostum Kazakhstan yang ada di wisma Indonesia Astana. 

Menu utama makanan Indonesia dalam acara tersebut antara lain Nasi Putih, Ikan Bumbu Sambal Matah, Sop Daging, Ayam Bakar Bumbu Rujak, dan Tumis Toge Ikan Asin. Adapun, snacknya berupa Tahu Isi Sayur dan Dadar Gulung. Untuk makanan Kazakhstan, di sajikan Baursak (roti) dan Kazakh Grill (olahan Kambing khas Kazakhstan)

Baca juga : Menyongsong 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Tajikistan: Dubes Fadjroel Melakukan Serangkaian Kegiatan di Dushanbe

Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Dr. M. Fadjroel Rachman menyampaikan terima kasih atas kehadiran delegasi DPD RI di Kazakhstan. "Kunjungan Kerja ini akan meningkatkan hubungan diplomatik Indonesia dan Kazakhstan yang kebetulan pada tahun ini, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kazakhstan telah memasuki usia ke-30 tahun. Selebrasi tonggak sejarah baru dalam hubungan kedua negara akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang menunjang prioritas kerjasama ekonomi nasional berupa promosi perdagangan, pariwisata dan investasi (PPI). Beberapa kegiatan tersebut antara lain: Indonesian Summer Festival, Resepsi Diplomatik dan Forum Promosi Investasi Ibukota Negara Nusantara, ucap Dubes Fadjroel. 

Wakil Ketua DPD RI, Bapak Nono Sampono mengapresiasi pelayanan KBRI Astana kepada delegasi Komite I DPD RI. "Kami sangat senang selama berada di Kazakhstan. Terimakasih kepada Bapak Duta Besar dan seluruh Tim KBRI Astana. Semoga kedatangan kami dapat memajukan hubungan Indonesia dan Kazakhstan", ujar Senator Nono Sampono. 

Baca juga : Menyongsong Penerbangan Langsung Indonesia dan Kazakhstan

Senator dari D.I. Yogyakarta, Bapak Hilmy Muhammad menyampaikan dalam kultumnya tentang makna puasa, serta komitmen DPD RI untuk ikut mengawal proses MOU Sister City antara Nusantara dan Astana. "Orang yang berpuasa akan semakin bertambah kualitas hidup dan keimanannya. Kunker kali membawa pesan bahwa Astana Nusantara akan sangat visible dalam kerangka kerjasama Sister City dan hal ini yang akan dibawa oleh DPD RI kedepan dengan pemerintah, baik melalui kerangka regulasi maupun hal lainnya", tutupnya. (Lka)

 

Artikel Terkait
Dubes Fadjroel Bangga Tim Pencak Silat Kazakhstan Meraih 9 Emas di Kejuaraan Internasional di Dubai
Menyongsong 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Tajikistan: Dubes Fadjroel Melakukan Serangkaian Kegiatan di Dushanbe
Menyongsong Penerbangan Langsung Indonesia dan Kazakhstan
Artikel Terkini
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Menikah di Balai Sarwono, Bregas Ingin Merasakan Atmosfer Adat Jawa yang Kental
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas