INDONEWS.ID

  • Kamis, 13/04/2023 19:32 WIB
  • Sambut Lebaran 1444 H, PTPN: Dari Pembagian Sembako Hingga Mudik Gratis

  • Oleh :
    • very
Sambut Lebaran 1444 H, PTPN: Dari Pembagian Sembako Hingga Mudik Gratis
PTPN. (Foto: Ist)

Medan, INDONEWS.ID - Perusahan Perkebunan Negara yang akan bergabung menjadi Nusantara PalmCo, sub Holding PTPN dengan komoditas kelapa sawit memiliki beragam program dalam upaya mendorong sosial ekonomi masyarakat menjelang lebaran 1444 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Direktur PTPN IV sekaligus Ketua Tim Transisi Nusantara PalmCo, Sucipto Prayitno, dalam keterangan tertulisnya di Medan, Sabtu (8/4). Ia menyebutkan program yang dilakukan tersebut melingkupi banyak aktivitas mulai dari bantuan sembako gratis hingga mudik gratis.

Baca juga : Kolaborasi BNPP-BNN Cegah Peredaran Narkoba di Kawasan Lintas Batas PLBN Napan

“Lebaran tahun ini berbeda. Semuanya kembali normal di masa fase menuju endemi. Untuk itu, PTPN-PTPN yang dalam waktu dekat menjadi sub holding Nusantara PalmCo, masing-masing menjalankan beragam program agar masyarakat tetap produktif menjelang idul fitri tahun ini,” kata Sucipto seperti dikutip dari siaran pers.

PTPN yang dimaksud diantaranya adalah PTPN V di Riau, PTPN VI di Jambi, PTPN XIII di Kalimantan, dan PTPN III operasional Medan serta PTPN IV di Sumatera Utara.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri

Lebih lanjut, program-program tersebut menurutnya, sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk senantiasa hadir di masyarakat utamanya di sekitar operasional perusahaan.

“Di berbagai lokasi berbeda, ada yang memberikan sembako gratis, mudik gratis, mengadakan pasar murah, renovasi rumah ibadah, memberikan bantuan sarana pendidikan, beasiswa ramadan, bantuan al quran, panganan berbuka selama ramadan, hingga membantu perbaikan jalan penghubung di remote area. Di Kalimantan, juga ada bantuan bencana bagi masyarakat terdampak banjir,” bebernya.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Bentuk Tim Pencarian Peninggalan Sejarah

Bantuan-bantuan yang sudah berjalan dan akan ditaja di 4 provinsi itu juga disambut baik oleh masyarakat di sekitar perusahaan.

Fenty, salah seorang disabillitas pendiri Yayasan Insan Berguna Nusantara di Pekanbaru menuturkan dirinya bersama puluhan orang berkebutuhan khusus, kembali menerima paket sembako gratis dari PTPN V dipertengahan Ramadan ini.

Di Provinsi Riau, PTPN memang menyediakan lebih dari 10 ribu paket sembako baik secara gratis maupun dijual melalui pasar murah untuk menggerakkan ekonomi dan ketahanan pangan.

“Ada beras, gula, minyak makan, syrup dan banyak lagi jenis sembako yang saya dan kawan-kawan terima,” ucap Fenty.

“PTPN memang selalu memperhatikan kami para disabilitas, kami sangat berterimakasih,” tambahnya seraya menceritakan ini adalah tahun keempat kelompoknya berhubungan dengan PTPN, baik melalui bantuan permodalan usaha hingga charity seperti sembako gratis.

Sementara itu Ali, calon pemudik yang sudah mendafarkan diri dan keluarganya pada prorgam mudik gratis untuk berangkat menuju Medan di tanggal 18 April mendatang, mengaku telah menunggu program ini sejak sekian lama.

“Terbantu sekali, kami dan keluarga akhirnya bisa berkumpul di kampung halaman. Semoga tiap tahun bisa kaya gini,” imbuhnya.

Selain sembako, PTPN V yang dalam waktu dekat akan bergabung menjadi Nusantara PalmCo juga membiayai peningkatan kualitas jalan penghubung di Rokan Hulu, memberikan bantuan renovasi rumah ibadah, hingga menyalurkan beasiswa ramadan bagi ratusan pelajar SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Di Kalimantan, PTPN XIII menyediakan Paket Takjil selama puasa, mendistribusikan ratusan Al Qur`an hingga memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Bengkayang, Sambas dan Singkawang dalam bentuk beras, minyak dan mie instan.

Sementara di Jambi, PTPN VI membantu renovasi Masjid dan mushalla, menyerahkan paket puluhan sembako bagi desa-desa tertinggal.

Sedangkan di Sumatera Utara, PTPN IV melaksanakan Bazar produk PTPN melibatkan puluhan UMK setempat, menyediakan ratusan paket sembako dan takjil berbuka selama sebulan penuh, hingga memberikan bantuan sarana pendidikan bagi sekolah.

“Kita berharap dukungan ini dapat membantu dan menjadi stimulus bagi masyarakat untuk terus beraktivitas dengan baik, lancar beribadah dan produktiv menjelang lebaran,” pungkas Sucipto. ***

Artikel Terkait
Kolaborasi BNPP-BNN Cegah Peredaran Narkoba di Kawasan Lintas Batas PLBN Napan
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Bentuk Tim Pencarian Peninggalan Sejarah
Artikel Terkini
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Inggris Memberikan Dukungan dan Berbagai Pengalaman dengan Indonesia untuk Bergabung Ke CPTPP
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas