INDONEWS.ID

  • Minggu, 23/04/2023 21:51 WIB
  • Relawan GBB Galang Dukungan Buruh untuk Ganjar Pranowo

  • Oleh :
    • very
Relawan GBB Galang Dukungan Buruh untuk Ganjar Pranowo
Capres Ganjar Pranowo. (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta, INDONEWS.ID – Setelah diumumkan oleh PDI Perjuangan menjadi Calon Presiden pada pemilu 2024, satu demi satu dukungan terhadap Capres Ganjar Pranowo bermunculan.

Kali ini datang dari Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) yang menyatakan siap menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo.

"Untuk memperluas dukungan di kalangan buruh, GBB berhasil membangun kolaborasi dengan beberapa serikat buruh/serikat pekerja yang ditandai dengan MoU dan surat pernyataan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024," ujar Ketua Umum Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) Lukman Hakim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan, Ganjaran Buruh Berjuang dideklarasikan pada tanggal 20 November 2022 di Semarang, dengan melibatkan seribu buruh dari kota dan kabupaten Semarang. Selama lima bulan terakhir telah melakukan berbagai kegiatan dan menyisir kantong-kantong buruh di Pulau Jawa (Jateng, Banten, Jabar, Jakarta dan Jatim).

GBB juga mengusung konsep hubungan industrial alternatif melalui Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) dan pembentukan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

FMHI sudah digelar di beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan melibatkan unsur-unsur dari Apindo, Kadin, Serikat Pekerja dan Akademisi.

GBB juga akan memperluas jangkauan ke luar negeri dengan membentuk GBB Luar Negeri yg akan melibatkan WNI yg bekerja di luar negeri.

Lukman menegaskan setelah resmi Ganjar Pranowo sebagai Calon presiden, GBB akan bertekad lebih memasifkan kerja-kerja penggalangan dukungan dan penyusunan konsep penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ganjaran Buruh Berjuang Kelik Ismunanto menyatakan bahwa penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden merupakan kemenangan para buruh.

"Kami berharap pemerintahan ke depan adalah pemerintahan yg bisa diajak berkomunikasi, pemerintahan yang mau mendengarkan suara-suara para buruh," ujarnya seperti dikutip Antaranews.com.

Menurut dia, selama menjadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan pendekatan komunikatif yang "nguwongke" dengan para buruh, menunjukkan modal penting dalam menata hubungan industrial ke depan.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dibuka mulai 19 Oktober 2023 s.d. 25 November 2023. ***

Baca juga : Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
Artikel Terkait
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Artikel Terkini
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas