INDONEWS.ID

  • Jum'at, 28/04/2023 19:51 WIB
  • KBRI Tokyo Fasilitasi Pelantikan Anggota Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri untuk Wilayah Tokyo, Osaka, dan Seoul

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
KBRI Tokyo Fasilitasi Pelantikan Anggota Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri untuk Wilayah Tokyo, Osaka, dan Seoul

Jakarta, INDONEWS.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memfasilitasi pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu LN) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Luar Negeri, di kantor KBRI Tokyo pada Jumat, 28 April 2023.

Pelantikan dilakukan kepada tiga anggota Panwaslu LN wilayah Tokyo, tiga anggota Panwaslu LN wilayah Osaka dan tiga anggota Panwaslu LN wilayah Seoul Korea Selatan.

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami beserta jajaran pejabat KBRI Tokyo. anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda dan Puadi beserta staf, serta Sekretaris Inspektorat Jenderal, Kementerian Luar Negeri Azis Nurwahyudi.

Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami usai acara pelantikan memastikan dukungan penuh dari KBRI Tokyo baik kepada Panwaslu LN maupun PPLN di wilayah Jepang untuk kelancaran tugas pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga : Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo

“Terima kasih atas kesediaan teman-teman untuk bertugas sebagai Panwaslu LN. Mari bersama kita kawal seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024 agar dapat berlangsung lancar dan kondusif. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta pegang teguh kode etik penyelenggaraan Pemilu untuk menghasilkan demokrasi yang berkualitas,” ujar John Tjahjanto Boestami.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum tentang Penetapan dan Pengangkatan anggota Panwaslu LN untuk Pemilu 2024.

Baca juga : KBRI Tokyo Fasilitasi Pengukuhan PCI Muhammadiyah & Aisyiyah Jepang di Wisma Duta

Pengambilan sumpah Anggota PPLN Tokyo dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin langsung oleh Anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya: Apakah Saudara bersedia diambil sumpah sesuai dengan Agama dan kepercayaan masing-masing,” tanya Anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda. “Bersedia,” jawab seluruh Anggota Panwaslu LN wilayah Tokyo, Osaka dan Seoul.

Setelah itu sumpah dan janji dilontarkan Anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda dan diikuti seluruh anggota Panwaslu LN wilayah Tokyo, Osaka dan Seoul. Acara kemudian berlanjut dengan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji, dikuti dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan Anggota Panwas LN.

Anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda dalam sambutannya menekankan, bahwa Panwaslu LN adalah bagian penting dari keberhasilan Pemilu.

“Perlu diingat, Panwaslu Luar Negeri penting untuk terus melakukan konsolidasi maupun koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengoptimalkan tugas pengawasan pada penyelenggaraan tahapan Pemilu. Lakukan koordinasi kepada jajaran Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sebagai mitra kerja kita. Lakukan konsultasi dengan kantor perwakilan RI dimanapun di tempat anda bertugas. Sebagai pengawas Pemilu anda semua dituntut berintegritas dalam menjalankan tugas,” tegasnya.

Usai pelantikan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan Panwaslu LN oleh Bawaslu RI dan sosialisasi masyarakat di wilayah Tokyo dan seluruh Jepang serta di wilayah Seoul Korea Selatan dan sekitarnya oleh Bawaslu RI secara daring.

Adapun anggota Panwaslu LN Tokyo adalah; Tun Ahmad Gazali, Slamet Kristanto Tirto Utomo dan Muhammad Arief Hidayat. Untuk Panwaslu LN wilayah Osaka adalah Okie Dita Apriyanto, Muhammad Salman Al Farisi dan Hermawan. Sementara itu untuk Panwaslu LN wilayah Seoul adalah Adrianus, Heri Akhmadi dan Herowati Sitorus.

Artikel Terkait
KBRI Tokyo Fasilitasi Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita
Dubes Heri Akhmadi dan Menteri PUPR Tinjau Tahap Akhir Pembangunan Gedung KBRI Tokyo
KBRI Tokyo Fasilitasi Pengukuhan PCI Muhammadiyah & Aisyiyah Jepang di Wisma Duta
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas