INDONEWS.ID

  • Sabtu, 06/05/2023 19:43 WIB
  • Sultan Sarankan Erick Thohir Lepas Salah Satu Jabatan Menteri BUMN atau Ketum PSSI

  • Oleh :
    • Mancik
Sultan Sarankan Erick Thohir Lepas Salah Satu Jabatan Menteri BUMN atau Ketum PSSI
Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin.(Foto:Dok DPD RI)

INDONEWS.ID - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin menyarankan menteri BUMN sekaligus Ketua umum PSSI Erick Thohir untuk melepaskan salah satu dari dua jabatan penting yang diembannya saat ini.

Hal ini disampaikan Sultan setelah Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan pemeriksaaan terhadap sejumlah bos di PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Beton Precast Tbk terkait kasus dugaan korupsi berupa penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan dari beberapa bank.

Baca juga : Inflasi Aman Terkendali, Sultan Najamudin Minta Pemerintah Tingkatkan Realisasi Belanja Modal

"Kami sangat mengakui kemampuan dan kapasitas beliau sebagai Menteri muda yang cakap dengan reputasi yang mentereng. Namun situasi internal masing-masing lembaga yang dipimpinnya saat ini membutuhkan atensi serius dari beliau", ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Sabtu (6/5/2023).

Bagi Sultan, Erick Thohir merupakan senior dan sahabat yang dikenal multitalenta dan sangat menginspirasi. Sehingga saran yang saya sampaikan adalah wujud perhatian di samping merupakan tanggung jawab konstitusional kami sebagai anggota parlemen.

Baca juga : Sultan Najamudin Ingatkan Pemerintah Waspadai Dampak Deindustrialisasi Sektor Sandang dan Pangan Nasional

"Tidak ada tendensi apapun atas saran ini. Kami hanya ingin pejabat eksekutif untuk fokus menyelesaikan tugas pokoknya pada satu lembaga negara yang sifatnya strategis dan berdampak luas bagi masyarakat", tegas mantan ketua HIPMI Bengkulu itu.

Menurut Sultan, sejauh ini Erick Thohir sudah bekerja maksimal dalam melakukan pembaharuan sistem dan manajemen BUMN secara mendasar. Bangsa ini menjadi saksi betapa beliau telah mendedikasikan waktu dan etos kerjanya dalam event-event besar berskala internasional selama ini.

Baca juga : Sultan Najamudin Dorong Bapanas Kembangkan Supplay Chain Management Komoditas Pangan Nasional

"Tapi sebagai manusia biasa, kita semua tentu memiliki keterbatasan dalam menjalankan banyak aktivitas kenegaraan yang berdampak besar dalam satu waktu. Lebih adil jika pekerjaan besar dari dua lembaga yang sedang menjadi sorotan publik itu tidak diserahkan kepada hanya satu figur saja", tutupnya.

Diketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui bahwa di perusahaan-perusahaan pelat merah tertentu, direksi BUMN seolah membuat `kerajaan-kerajaan` sendiri. Hal itu cukup menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan.

Keberadaan `raja-raja` tersebut tampak saat Erick ingin melakukan merger beberapa perusahaan BUMN. Menurutnya, ada direksi yang ribut sendiri karena takut posisi terancam.*

Artikel Terkait
Inflasi Aman Terkendali, Sultan Najamudin Minta Pemerintah Tingkatkan Realisasi Belanja Modal
Sultan Najamudin Ingatkan Pemerintah Waspadai Dampak Deindustrialisasi Sektor Sandang dan Pangan Nasional
Sultan Najamudin Dorong Bapanas Kembangkan Supplay Chain Management Komoditas Pangan Nasional
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas