INDONEWS.ID

  • Rabu, 10/05/2023 14:09 WIB
  • Perdana Menteri Somalia berkeinginan untuk berkunjung ke Jakarta

  • Oleh :
    • luska
Perdana Menteri Somalia berkeinginan untuk berkunjung ke Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Perdana Menteri Somalia Hamza Abdi Barre menyampaikan bahwa dalam upaya memperkuat hubungan dan kerja sama Somalia - Indonesia dirinya berkeinginan untuk melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Hal tersebut mengemuka saat PM Hamza Abdi Barre menerima Duta Besar RI – Nairobi Dr. Mohamad Hery Saripudin di Vila Somalia,  Mogadishu, Selasa 9 Mei 2023. 

Dalam kunjungannya di Mogadishu, 8-10 Mei 2023, Duta Besar Hery Saripudin juga telah melakukan serangkaian pertemuan dengan pejabat tinggi Pemerintahan Somalia lainnya seperti Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan dan Industri, Menteri Pendidikan serta Kepala Kepolisian Federal Somalia. Dubes Hery Saripudin juga berkesempatan bertukar pandangan tentang situasi sosial politik dan keamanan Somalia dengan Deputy Special Representative of Secretary General (DSRSG) United Nations Assistance Mission for Somalia (UNSOM) dan Deputy Komisioner Polisi UNSOM.

Baca juga : Ratusan Atlet Pelajar Kenya Ramaikan, Turnamen Pencak Silat di Nairobi, Kenya

Dalam berbagai pertemuan tersebut, Dubes Hery Saripudin menyampaikan bahwa trend perdagangan Indonesia- Somalia terus menunjukkan peningkatan yang positif, meskipun secara nominal masih terhitung rendah hanya sekitar US$100 juta. Dalam upaya mendorong peningkatan nilai perdagangan tersebut, Dubes Hery Saripudin meminta Pemerintah Somalia untuk bersama-sama mencari jalan untuk menghapuskan hambatan perdagangan, antara lain dengan menyepakati Preferential Trade Arrangement (PTA). Pemerintah Indonesia telah menyampaikan Draf PTA kepada Pemerintah Somalia pada tahun 2021, namun belum mendapatkan tanggapan positif. 

Dalam kerangka yang sama, Dubes Hery Saripudin juga meminta Pemerintah Somalia untuk segera menempatankan Duta Besarnya di Jakarta yang telah kosong selama kurang lebih empat tahun terakhir. PM Hamza Abdi Barre menanggapi positif concern Dubes RI seraya mendorong kiranya Pemerintah Indonesia juga dapat mempertimbangkan pembukaan Kantor Perwakilannya di Mogadishu.

Baca juga : Mendulang Sukses Pameran Indonesia di Nairobi International Cultural Festival 2024

Dalam pertemuan terpisah, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Somalia Abshir Omar Jama menyampaikan kepada Dubes RI agar kiranya Pemerintah Indonesia dapat mempertimbangkan kemudahan pemberian visa bagi warganya. Menurut Menlu Abshir, selama ini masalah visa menjadi salah satu kendala bagi pengusaha Somalia berbisnis dengan Indonesia. Menanggai hal tersebut, Dubes Hery Saripudin menyampaikan, sebagai langkah awal, Pemerintah Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan proposal perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor dinas dan diplomatik, yang diusulkan Somalia. Ke depannya diharapkan dapat dicarikan formula untuk mempermudah pemberian visa bagi pemegang paspor biasa.

“Pemerintah Indonesia saat ini juga secara serius sedang mempelajari kemungkinan pemberian bantuan bagi Kepolisian Somalia dalam bentuk pelatihan (capacity building), penyediaan seragam (uniform), alat komunikasi serta Pendidikan,” demikian diungkapkan Dubes Hery Saripudin.

Baca juga : Partisipasi Delegasi Indonesia di UNEA-6, Nairobi, Kenya Berjalan Sukses

Sementara itu, Menteri Pendidikan Somalia Farakh Sheikh Abdulkadir Mohamed mengungkapkan kepada Dubes RI keinginannya untuk membangun kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Untuk itu Menteri Farah menyatakan kesiapannya untuk berkunjung ke Indonesia pada Juli tahun ini dan berharap Kemdikbud Indonesia dapat menanggapi positif usulan kerja sama tersebut. (Lka)
 

Artikel Terkait
Ratusan Atlet Pelajar Kenya Ramaikan, Turnamen Pencak Silat di Nairobi, Kenya
Mendulang Sukses Pameran Indonesia di Nairobi International Cultural Festival 2024
Partisipasi Delegasi Indonesia di UNEA-6, Nairobi, Kenya Berjalan Sukses
Artikel Terkini
Mutasi TNI, Ajudan Jokowi Mayjen Rudi Saladin Ditunjuk Jadi Pangdam Brawijaya
Dihadiri Ribuan Orang, Putra Tapiselo Lintau Buo Terharu Acara "Tapi Selo Bolek Godang" Mendapat Antusias Warga
Kemendagri Tinjau Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Papua Pegunungan
Diskusi Intensif Penyusunan RPJPD Maybrat 2025-2045
Resmikan Operasional KIT Batang, Presiden: Di Setiap Kesulitan Ada Kesempatan Besar Asal Mau Kerja Keras
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id