INDONEWS.ID

  • Minggu, 14/05/2023 15:17 WIB
  • Sosok Maya Saroso yang Akan Dilantik Jadi Ketua DPD FOKBI DKI Jakarta

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Sosok Maya Saroso yang Akan Dilantik Jadi Ketua DPD FOKBI DKI Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia atau FOKBI akan memiliki ketua dan pengurus baru dalam waktu dekat.

Dikabarkan, kursi pimpinan DPD FOKBI DKI Jakarta akan didapuk oleh Maya Saroso. Selain itu, Pemred Indonews.id selaku Dewan Redaksi Bulir.id juga akan menjadi anggota di dewan kepengurusan DPD DKI Jakarta.

Baca juga : Ketua Teladan Pro Ganjar-Mahfud MD, Ica Risanggeni: Kami Optimistis Ganjar-Mahfud Akan Memenangkan Pilpres

Dari sumber Indonews.id, pimpinan dan pengurus DPD DKI Jakarta akan dilantik di Balaikota DKI untuk Ketua dan para pengurus DPD FOKBI PROV DKI Jakarta pada 16 Mei 2023 pagi.

Adapun Ketua Umum untuk Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia atau FOKBI seluruh Indonesia adalah Prof. Dr. Sapta Nirwandar M.Sc.

Baca juga : Pemred Indonews.id Dampingi Founder Sambas Sinergy Cicipi Menu Jepang di Resto Atsumaru Izakaya

Sosok Maya Saroso

Maya Saroso dilahirkan di Medan, 22 November, 1953 dengan nama lengkap Marie Amadea Ismayani (Maya).

Baca juga : Kemendagri Gelar Inovative Government Award (IGA) 2023 Apresiasi Inovasi Pemerintahan Daerah

Pada tahun 1984 sempat pindah ke Los Angeles, California — USA untuk mendampingi sang suami yang menjalankan tugas belajarnya.

Selama di Amerika, Maya bahkan menyempatkan diri untuk belajar lagi dan berhasil meraih AA Degree dari The Los Angeles Pierce College, di Los Angeles, California — USA pada tahun 1989.

Sekembalinya ke Indonesia, Maya kemudian bekerja di PT. Asuransi Jiwa Dharma Manulife (1989-1996) dan berhasil menduduki jabatan Assistant to Branch Manager di Jakarta.

Sejak tahun 2001, Maya mulai mencurahkan perhatiannya dalam berbagai aktifitas sosial. Ia pun menjadi anggota Jakarta Kencana Kyons Club (2002-2004), dan anggota Bilik Budaya Kasitha Smarandhana (2006-2008).

Kemudian menjadi anggota Indonesia Line Dance-ILDC (2005-2008), anggota Ibu-ibu Paguyuban Jawa Tengah (2003-sekarang).

Lalu menjadi anggota Mitra Seni Indonesia (2008-sekarang), dan menjadi anggota aktif dari berbagai kelompok pengajian dan majlis ta`lim di Jakarta Selatan.

Keterlibatannya dalam kelompok-kelompok sosial tidak hanya terbatas sebagai anggota saja, Maya aktif berperan sebagai pengurus organisasi.

Antara lain menjadi Humas ILDI (Ikatan Langkah Dansa Indonesia) periode 2009-2011, sebagai Bendahara Umum ScClub (Selebriti Club) periode 2002-2004, sebagai Bendahara Umum STARINA Jakarta (solidaritas artis Indonesia)periode 2004-2013;

Menjadi Bendahara Umum ARMUSI 66 (artis dan musisi) periode 2007-2013, sebagai pengurus IPBSJ Jakarta (Ikatan Pelestari Seni Budaya Indonesia) periode 2005-2008, dan Ketua RT-007/RW-005 di kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan periode 2008-2011.

Meskipun disibukkan dengan berbagai aktifitas sosial, Maya masih haus akan ilmu pengetahuan. Nenek bercucu empat ini kemudian menyempatkan diri ikut kuliah di The London School of Public Relation (LSPR) Jakarta, dan berhasil lulus serta meraih gelar sarjana komunikasi (S.Si) pada tahun 2008.

Menariknya, perkenalan Maya dengan dunia politik dimulai sejak 2002. Diawali dengan menjadi simpatisan yang kemudian menjadi kader Partai Patriot Pancasila.

Ia kemudian diberi kepercayaan menjadi Calon Anggota DPR RI pada pemilu 2004 mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah. Keaktifannya dalam dunia sosial telah membuka peluang bagi dirinya.

Ia dipercayai untuk ikut merintis pembentukan organisasi sayap PDRI (Perempuan Demokrat Republik Indonesia) cabang Jakarta Selatan pada tahun 2008.

Marie Amadea Ismayani kemudian ditetapkan sebagai Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Jakarta selatan untuk periode 2008-2013.

Hal ini kemudian diikuti dengan pengajuan dirinya sebagai calon anggota DPRD DKI Jakarta mewakili Partai Demokrat untuk masa bakti tahun 2009-2014 dari daerah pemilihan Jakarta Selatan.

Potensi yang dimiliki Maya dalam hubungan sosial, ilmu komunikasi, serta pengalaman dari berbagai aktifitas sosial, sangat membantu dirinya dalam merebut hati masyarakat di berbagai pelosok Jakarta Selatan.

Meskipun pada saat itu Maya belum memiliki cukup pengalaman dalam berpolitik dan bukan pula duduk dalam kepengurusan partai, namun ia dengan Tim Semut yang dibentuknya berhasil membangun kedekatan dengan warga masyarakat dan cukup untuk memenangkan satu dari tujuh kursi Partai Demokrat dari Jakarta Selatan.

Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta, ia ikut mendirikan organisasi Yayasan Amarilis, dimana ia duduk sebagai Ketua Yayasan.

Maya juga berperan serta dalam kepengurusan Koperasi Gema Artha Sejahtera yang membina pedagang makanan kantin dan gerobak di Jakarta.

Sebagai sosok yang berjiwa sosial. Semua pengalaman dan pengetahuan yang diperolehnya dalam mengembangkan PDRI di Jakarta Selatan serta keberhasilannya meraih simpati warga kemudian dituangkan dalam sebuah buku yang berjudul Album Perjalanan Kinerja DPC PDRI Jakarta Selatan.

 

Artikel Terkait
Ketua Teladan Pro Ganjar-Mahfud MD, Ica Risanggeni: Kami Optimistis Ganjar-Mahfud Akan Memenangkan Pilpres
Pemred Indonews.id Dampingi Founder Sambas Sinergy Cicipi Menu Jepang di Resto Atsumaru Izakaya
Kemendagri Gelar Inovative Government Award (IGA) 2023 Apresiasi Inovasi Pemerintahan Daerah
Artikel Terkini
Atikoh soal Pendidikan Anak: Menolak Supir Membuka Pintu Mobil untuk Alam Ganjar
Memperkuat Rantai Pasok di Kawasan: Indonesia-Australia Kolaborasi Hilirisasi Industri, Digitalisasi, dan Pendidikan
Februari 2024, Ekspor ke Timor Leste Melalui PLBN Motaain Capai Rp55 Miliar
Perlu Strategi Mengintegrasikan Prinsip Pertahanan dan Diplomasi di Laut Natuna Utara
Kenangan Prabowo Subianto tentang Keluarga dan Masa Kecil yang Penuh Makna
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas