INDONEWS.ID

  • Senin, 15/05/2023 12:10 WIB
  • Indonesia Akan Selenggarakan KTT Kepemudaan FEALAC

  • Oleh :
    • luska
Indonesia Akan Selenggarakan KTT Kepemudaan FEALAC

Jakarta, INDONEWS.ID - Indonesia akan menyelenggarakan FEALAC Youth Summit (KTT Kepemudaan FEALAC). Demikian pesan yang disampaikan Duta Besar Prayono Atiyanto, Diplomat Ahli Utama Direktorat Kerja Sama Intra-kawasan dan Antar-kawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI kepada Asri Hadi, Pemimpin Redaksi indonews.id. Rencananya FEALAC Youth Summit 2023: Contributions for Climate Actions akan diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, 9-13 Juli 2023. 

Persiapan pelaksanaan KTT Kepemudaan FEALAC ini menjadi tema pokok dari kegiatan Indonesia-FEALAC Afternoon: Road to FEALAC Youth Summit yang digelar di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri RI, 12 Mei 2023.

FEALAC (Forum of East Asia and Latin American Cooperation) beranggotakan 36 negara yaitu 16 negara Asia Timur dan 20 negara Amerika Latin. Forum kerja sama ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kerja sama di berbagai bidang di antara negara-negara anggotanya.


(Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar Umar Hadi)

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Duta Besar Umar Hadi bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut kehadiran sejumlah Duta Besar dan wakil-wakil dari negara-negara Asia Timur dan Amerika Latin anggota FEALAC yang memiliki perwakilan di Indonesia. Duta Besar Umar Hadi dan Gubernur Ridwan Kamil juga menyampaikan latar belakang dan pertimbangan utama dari penyelenggaraan KTT Kepemudaan FEALAC.
Sebagaimana disampaikan oleh Duta Besar Prayono Atiyanto (atau acap kali disapa sebagai Pak Dubes), KTT Kepemudaan FEALAC ini memang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. FEALAC bukanlah hal asing bagi Gubernur Ridwan Kamil. Sebelumnya beliau juga menggagas pendirian FEALAC Youth Centre (Pusat Kepemudaan FEALAC). Pendirian Pusat Kepemudaan di Bandung ini disetujui oleh negara-negara anggota FEALAC dan kemudian diresmikan pada tahun 2019 di Bandung Creative Hub oleh Ridwan Kamil (saat itu masih menjabat Walikota Bandung).

Penyelenggaraan KTT Kepemudaan ini merupakan komitmen kuat Indonesia untuk mempererat hubungan kepemudaan di antara negara anggota FEALAC. Selain itu, juga bukti kepemimpinan Indonesia khususnya di bidang kerja sama kepemudaan FEALAC. Indonesia saat ini masih menjadi Ketua bersama Equador untuk Kelompok Kerja Bidang Kepemudaan, Kebudayaan, Jender dan Olahraga.

Kegiatan FEALAC Afternoon juga menjadi ajang promosi budaya dan kopi Indonesia. Kesempatan kali ini telah menghadirkan Steve Hidayat dari PT Selera Indah Perdana yang mempunyai komitmen kuat memasarkan kopi-kopi Indonesia ke berbagai negara; Suryono Bagas Tani dari PT Alko Sumatra Kopi yang sangat kuat mengenai aspek traceability; dan anak-anak muda dari Dreezel Coffee Bandung yang dipromosikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kegiatan main angkung bareng para tamu undangan dan pentas angklung anak-anak dari Saung Angklung Udjo juga telah berhasil meningkatkan suasana keakraban selama acara berlangsung.(Lka)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tips Memilih Jasa Pengurusan Visa
Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik di Jabodetabek
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas