INDONEWS.ID

  • Kamis, 01/06/2023 13:14 WIB
  • Pemerintah Kabupaten Maybrat Terima Bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia

  • Oleh :
    • luska
Pemerintah Kabupaten Maybrat Terima Bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia

Maybrat, INDONEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Maybrat menerima bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa bantuan sembako dan bibit babi ternak. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Kantor Bupati Kabupaten Maybrat selepas Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Acara penyerahan bantuan dihadiri oleh Pj Bupati Maybrat, Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos, M.Si dan Ketua Klasis Aifat. Bantuan ini diterima langsung oleh Pj Bupati Maybrat dan Ketua Klasis Aifat.
Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial, Bapak Adrianus Alla, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ibu Menteri Sosial, Dr. Ir. Tri Rismaharini, MT., yang sedang melakukan kunjungan ke Jayapura dan Merauke. Beliau berharap pada kesempatan berikutnya, Menteri Sosial dapat mengunjungi Kabupaten Maybrat. Bapak Adrianus Alla juga menjelaskan bahwa kehadiran mereka sebagai perwakilan pemerintah pusat adalah bentuk kepedulian negara terhadap Kabupaten Maybrat. 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Maybrat menyambut dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Bapak Adrianus Alla. Beliau juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Maybrat terus berupaya dalam pemulangan pengungsi. Tahap pertama pemulangan telah dilakukan dari kampung Sorry hingga kampung Tahsimara, dan tahap selanjutnya akan dilakukan pemulangan dari Tahsimara hingga kampung Ayata. Pj Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika agar jaringan  telekomunikasi di sekitar wilayah Ayata hingga Aisa segera dihidupkan kembali. Selain itu, berbagai kendala terkait jalan juga sedang diupayakan untuk dibuka kembali. Pj Bupati mengharapkan dukungan dari semua instansi terkait, termasuk TNI/Polri, dalam upaya pemulangan dan penanganan bencana di Kabupaten Maybrat dapat terus berjalan dengan baik. 
Bantuan yang diberikan terdiri dari bibit anakan babi sebanyak 1.400 ( tersedia 50 ) ekor, pakaian sebanyak 1000 pasang, beras sebanyak 14.120 kg, peralatan dapur sebanyak 100 paket, bumbu siap pakai sebanyak 120 kg, ikan asin sebanyak 200 kg, mie instan sebanyak 1.412 kardus, ikan sarden kaleng sebanyak 2.824 kaleng, dan ketela sebanyak 100 kg. Penyaluran bantuan ini akan di koordinasikan oleh Klasis Aifat kepada masyarakat yang berdomisili di Aifat Timur Raya dan Aifat Selatan Raya, dan penyerahannya akan dilakukan segera setelah acara penyerahan bantuan ini disaksikan langsung oleh perwakilan dari Kementerian Sosial.

Selain itu, Bapak Adrianus Alla juga menyampaikan tentang dukungan dari Kemensos RI terkait rencana program pengembangan komoditas unggulan di Kabupaten Maybrat, yaitu kacang tanah. Bapak Adrianus Alla berharap dapat bekerja sama dengan Pj Bupati dalam mensukseskan program-program Kementerian Sosial RI dan meminta dukungan terkait data yang diperlukan untuk pertanggungjawaban penyaluran bantuan.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas