INDONEWS.ID

  • Rabu, 07/06/2023 16:14 WIB
  • Poli Klinik Kesehatan Pemda Diresmikan, Permudah Akses Pelayanan Kesehatan di Lingkungan Kantor Bupati Maybrat

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Poli Klinik Kesehatan Pemda Diresmikan, Permudah Akses Pelayanan Kesehatan di Lingkungan Kantor Bupati Maybrat

Maybrat, INDONEWS.ID - Poli Klinik Kesehatan Pemda Maybrat akhirnya diresmikan pada Rabu bertempat di Kantor Bupati Maybrat. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh terkait antara lain Pj. Bupati Maybrat, Dr. Bernhard Rondonuwu S.Sos, M.SI., Plh. Sekda Kabupaten Maybrat, Ferdinandus Taa, SH, M.Si.,

Hadir pula Asisten 2 Sekda Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot, dr. Sonny E. Fatti, selaku Direktur RS Pratama, dr. Nelce Kambuaya, selaku Dokter Penanggungjawab Poli Klinik Pemda Maybrat, Kadis Kesehatan Kabupaten Maybrat dan Kepala BPJS Kabupaten Maybrat, serta Danramil Aifat.

Baca juga : Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Kabupaten Maybrat menyampaikan antusiasmenya terhadap inisiatif pendirian Poli Klinik Pemda Maybrat yang digagas oleh dr. Nelce Kambuaya. Dia juga mengundang pihak-pihak yang memiliki ide dan terobosan positif untuk menyampaikan gagasan mereka.

Saat ini, Kabupaten Maybrat memiliki 18 unit Puskesmas dan 1 RS Pratama. Namun, banyak dari Puskesmas tersebut tidak dapat memberikan pelayanan karena keterbatasan tenaga kesehatan dan alat penunjang yang tidak memadai.

Baca juga : Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten Maybrat telah menginisiasi kerjasama dengan dokter staff ahli bupati, Dinas Kesehatan Maybrat dan Danrem untuk merevitalisasi fungsi pelayanan Puskesmas di Kabupaten Maybrat, dengan bantuan tim dokter dari Angkatan Laut. Langkah ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Pj. Bupati Maybrat juga mengungkapkan bahwa telah diajukan permohonan melalui TPAD untuk mendapatkan armada ambulans dan mobil jenazah, guna mendukung operasional Puskesmas tanpa harus meminjam lagi dari RS Pratama.

Baca juga : Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat

dr. Nelce Kambuaya menambahkan bahwa pendirian Poli Klinik Pemda ini bertujuan menjadi garda terdepan dalam melakukan pemeriksaan medis cepat ( Check Up dan Screening ), dan jika diperlukan perawatan lebih lanjut, pasien akan dirujuk ke puskesmas atau RS Pratama Maybrat.

Saat ini, Poli Klinik Pemda Maybrat memiliki tiga dokter umum, satu dokter spesialis, dan ahli farmasi yang siap memberikan pelayanan kesehatan dan farmasi.

Langkah ini diharapkan dapat menekan angka mortalitas akibat keterlambatan mendapatkan pelayanan kesehatan, mengingat sering terjadi kasus pasien yang meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit akibat jarak yang terlalu jauh.

Peresmian Poli Klinik Kesehatan Pemda Maybrat ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi pegawai negeri / ASN di lingkungan Kantor Bupati Maybrat dan juga masyarakat sekitar.

Dengan adanya Poli Klinik ini, diharapkan ASN di lingkungan Kantor Bupati Maybrat dan masyarakat sekitar dapat mendapatkan pemeriksaan medis yang cepat dan tepat sehingga potensi risiko kesehatan dapat diidentifikasi sejak dini.

Artikel Terkait
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Artikel Terkini
Menteri PANRB Minta Instansi Pemerintah Segera Rampungkan Rincian Formasi ASN 2024
Seleksi CASN 2024 Segera Dimulai, Pemerintah Penuhi Formasi Talenta Digital
TB dan "Airborne Infections Defense Platform" di Serang
Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Kedubes Kanada Perkuat Kerjasama Penanganan Permasalahan Perubahan Iklim
Menteri PANRB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Mulai Mei, CASN Digelar Juni
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas