INDONEWS.ID

  • Jum'at, 07/07/2023 10:58 WIB
  • Genjot Usaha Nasabah, PNM Gelar Pelatihan Olahan Keminting di Samarinda

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Genjot Usaha Nasabah, PNM Gelar Pelatihan Olahan Keminting di Samarinda
PNM PKU menggelar pelatihan klasterisasi usaha dilaksanakan dengan melibatkan nasabah Mekaar di Kantor Kecamatan Samarinda Utara (06/07). (HO/PNM Samarinda)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pembukaan klasterisasi usaha olahan keminting di Kantor Kecamatan Samarinda Utara pada Kamis (6/7/2023).

Kegiatan dihadiri oleh 21 nasabah PNM Mekaar ini dikenal dengan istilah klasterisasi usaha yang dilaksanakan dengan melibatkan nasabah Mekaar dan didampingi oleh PNM PKU. Keminting merupakan kue kering khas Samarinda yang terbuat seperti biji kemiri, campuran gula aren, dan tepung sagu.

Baca juga : PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Hadriansyah, S,Sos selaku Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Samarinda Utara, dan Muhammad Akbar Al Muarafah selaku Pemimpin Cabang Samarinda.

Baca juga : PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang

Pelatihan ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan menambah edukasi dan ilmu baru.

Kemudian peserta juga didampingi untuk belajar pengolahan keminting dan pengemasan yang baik dan benar sehingga menjadi produk yang baik dan menarik.

Baca juga : KH Uyung Efendi, Ketua MUI Baros Beri Pesan Sejuk Di Sosialisasi PNM Mekaar

Selain itu tujuan utama dari pelatihan ini adalah bisa memperluas pemasaran usaha peserta agar dapat masuk ke dalam pasar lokal, nasional, online, bahkan internasional yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas.

Selanjutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman

Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

Sebagai informasi, hingga hingga 31 Mei 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp28,38 triliun kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.602.490 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 62 Cabang, 3.834 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 431 Kabupaten Kota, dan 6.014 Kecamatan. (Tribun.Kaltim)

Artikel Terkait
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
PNM Sosialisasikan Program Mekaar Pada Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Serang
KH Uyung Efendi, Ketua MUI Baros Beri Pesan Sejuk Di Sosialisasi PNM Mekaar
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas