INDONEWS.ID

  • Minggu, 16/07/2023 15:42 WIB
  • Festival Seni dan Budaya, Ketum MSI: Lestarikan Budaya Nasional guna Kurangi Pengaruh Budaya Asing

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Festival Seni dan Budaya, Ketum MSI: Lestarikan Budaya Nasional guna Kurangi Pengaruh Budaya Asing
Sari Ramdani Basri Ketua Umum Mitra Seni Indonesia, Retno Salamoen Sekretariat MSI,Sitti Solvia Basri Ketua Bidang Humas MSI bersama Asri Hadi Pemred indonews.id

Jakarta, INDONEWS.ID - Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar festival seni dan bazar, adapun tujuan dari festival tersebut guna melestarikan budaya nasional dari 'rongrongan' budaya asing. Menurut Ketua Umum MSI, penetrasi budaya asing begitu muda masuk ke kalangan muda kita lewat teknologi, karena itu kami sebagai pencinta seni wajib mengangkat budaya nasional sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Demikian ungkap Sari Ramdani saat ditemui di festival budaya yang digelar di LPPI, Kemang, Jakarta Selatan. Menurutnya, tujuan dari penyelenggaraan fratival seni dan bazar guna melestarikan budaya nasional, seperti misi MSI yaitu melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia. Anggota MSI 85 persen mrrupakan ibu-ibu, pihaknya percaya bila ibu akan menurunkan jiwa seninya ke anak-anaknya. Jadi kami yakin budaya tak akan luntur di jiwa rakyat, asalkan kita tetap melestarikan budaya tersebut.

Baca juga : BRI Cabang Menara Brilian Gelar Acara Ramadhan di Kalibata City Square

Saat ini pengaruh budaya asing begitu kuat, apalagi adanya akses internet yang memudakan generasi muda kita menyerap budaya itu. Maka kami pun berupaya memperkuat budaya naaional dengan mengadakan festival seni dam bazar. Kami pun mengajak generasi muda untuk terlibat dalam pegelaran kali ini.

festival ini merupakan gelaran kedua yang diselenggarakan MSI, sebelumnya di 2019. Karena pandemi covid acara rutin MSI ditiadakan, usai Indonesia menilai covid bukan lagi pandemi, MSI pun melaksanakan kegiatan rutin tersebut.

Baca juga : Sosok Pendidik di Balik "Senyawa Seni Sastra dan Budaya dalam CelupanNya"

"Melihat antusias masyarakat, kami para pengurus MSI berencana mengagendakan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin MSI. Dan tahun fepan kita akan menyelenggarakannkegiatan ini lebih baik lagi, lebih banyak lagi pesertanya, dan lebih banyak lagi pengunjungnya", tandasnya pada indonews.id kala ditemui di sela-sela pagelaran busana.

Dikatakan, MSI merupakan pecinta, pelaku, dan pemerhati seni dan budaya nasional, berdiri sejak 9 Agustus 2007. Ini merupakan perayaan 16 tahun MSI dan memiliki 958 anggota dengan 11 jenis kesenian dan memiliki kelompok pelatihan sebanyak 20 grup.

Baca juga : Budaya dipadukan UMKM, Andrinof: Harus Didukung Semua Pihak

Ia menjelaskan, peserta bazar merupakan anggota MSI sendiri bukan dari kalangan lain, karena anggota MSI juga memiliki usaha seperti kerajinan, pelatihan tari, maupun di bidang kuliner. Di festival ini kami mengadakan talk show, peragaan busana, serta penampilan seni dan budaya nasional.

"Di hari terakhir ini kami menggelar acara khusus anak-anak, guna memperingati hari anak nasional dan juga hari keluarga MSI. Acara hari terakhir dimeriahkan anak-anak penyandang down syndrome dari yayasan Syndrome Down Indonesia", ungkapnya.

Ia pun berharap, pihaknya membantu pemerintah melestarikan budaya nasional, seringnya kita mengenalkan budaya nasional, pengaruh budaya asing bisa kita hindari. Semoga dwngan penyelenggaraan ini, generasi muda kita tidak mudah menerima pengaruh budaya dan makin cinta dengan seni dan budaya nasional. 

Artikel Terkait
BRI Cabang Menara Brilian Gelar Acara Ramadhan di Kalibata City Square
Sosok Pendidik di Balik "Senyawa Seni Sastra dan Budaya dalam CelupanNya"
Budaya dipadukan UMKM, Andrinof: Harus Didukung Semua Pihak
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id