INDONEWS.ID

  • Jum'at, 21/07/2023 10:14 WIB
  • Sekjen Apresiasi Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kemendagri

  • Oleh :
    • luska
Sekjen Apresiasi Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kemendagri

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengapresiasi peningkatan kualitas Unit Layanan Administrasi (ULA) Kemendagri. Apresiasi tersebut disampaikannya saat membuka Forum Konsultasi Publik terhadap Standar Pelayanan pada Unit Layanan Administrasi Kemendagri di Harris Vertu Hotel Harmoni, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Diketahui ULA Kemendagri telah dibentuk sejak 2014 lalu. Pada 2016, unit kerja struktural Kemendagri itu telah memiliki 13 layanan yang dioperasikan secara manual. Jumlah itu kemudian meningkat pesat pada 2023 dengan memiliki sebanyak 33 layanan yang dioperasikan secara online.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Penerapan SPBE Semudah Aplikasikan WhatsApp

Menurut Suhajar, layanan administrasi yang dimiliki Kemendagri juga terbilang bagus. Berdasarkan data dari Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP), pada tahun 2019 ULA Kemendagri memperoleh predikat sangat baik dengan skor 4.06. 

Selain prestasi tersebut, layanan tersebut juga memperoleh penghargaan dari Ombudsman dan Sertifikasi ISO. Penghargaan Sertifikasi ISO diraih pada 2015 dan 2016, sedangkan oleh Ombudsman dicapai pada 2021 dan 2022 dengan predikat kepatuhan tinggi.

Baca juga : Atasi Kelangkaan Pangan Akibat El Nino, Diversifikasi Pangan Perlu Didorong

“Kalau kita lihat grafik pelayanan, pelayanan administrasi itu tahun 2022 terus meningkat. Layanan konsultasi terbanyak di tahun 2020,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Suhajar menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang telah menorehkan capaian positif tersebut. Apalagi diketahui berdasarkan survei kepuasan masyarakat pada kurun waktu 2019-2023, capaiannya cenderung meningkat pesat. Teranyar, pada 2023 mutu layanan ULA Kemendagri meraih skor 92.03 yang menandakan predikat sangat baik.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Bentuk Tim P3DN

Lebih lanjut, Suhajar terus mendorong agar beberapa layanan yang masih memiliki kekurangan untuk dioptimalkan. Hal itu misalnya pada produk layanan ULA Kemendagri, yang terus dipacu agar menjadi lebih baik lagi.

“Ini yang harus diperhatikan, persyaratan, sistem, mekanisme prosedur sudah bagus. Puas mereka (masyarakat). Waktu pelayanan bagus, puas sekali mereka. Perilaku kawan-kawan yang melayani juga bagus, kemudian sarana dan prasarana kita sudah bagus,” tambahnya.

Suhajar meminta, perbaikan pelayanan di masa mendatang dapat dilakukan secara komprehensif. Bila perlu, perbaikan tersebut dilakukan dengan melibatkan kalangan anak muda yang dinilai lebih memahami kemajuan teknologi. Kemudian perbaikan juga diikuti dengan peningkatan kompetensi pelayanan dan sumber daya manusia (SDM). Dengan upaya itu diharapkan pelayanan yang dihasilkan menjadi lebih andal dan optimal.

 

Artikel Terkait
Sekjen Kemendagri Dorong Penerapan SPBE Semudah Aplikasikan WhatsApp
Atasi Kelangkaan Pangan Akibat El Nino, Diversifikasi Pangan Perlu Didorong
Sekjen Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Bentuk Tim P3DN
Artikel Terkini
Pemprov Papua Barat Daya Serahkan Bantuan Mobil Angkutan Umum untuk Pedagang Mama Papua di Maybrat
Rapat Koordinasi Nasional Bahas Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Kebun Rimsa PTPN IV Regional 4 Bantu Sembako Dua Panti Asuhan
Santri dan Santriwati Harus Mengisi Ruang Dakwah dengan Nilai yang Penuh Toleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas