INDONEWS.ID

  • Jum'at, 04/08/2023 20:10 WIB
  • Gelar PKN Tingkat II, BPSDM Kemendagri Dorong Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan

  • Oleh :
    • Mancik
Gelar PKN Tingkat II, BPSDM Kemendagri Dorong Peningkatan Keterampilan Kepemimpinan
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono.(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mendorong peningkatan keterampilan kepemimpinan aparatur sipil negara (ASN).

Upaya tersebut dilakukan salah satunya melalui kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXIX di Auditorium BPSDM Kemendagri Gedung F, Rabu (2/8/2023).

Baca juga : Wujudkan Open Government Partnership, BPSDM Kementerian Dalam Negeri Gelar Pameran Inovasi

Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menjelaskan, pelatihan tersebut memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan berpikir peserta pada tingkat yang lebih tinggi.

Kedua, untuk meningkatkan sikap, afeksi, dan kecerdasan emosional peserta agar menjadi pemimpin yang melihat sisi positif, menciptakan optimisme, dan semangat bagi lingkungan sekitar.

Baca juga : Optimis Capai Target Penginputan IPKD, BSKDN Kemendagri Terus Lakukan Asistensi kepada Daerah

Kemudian ketiga, untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan operasional yang diperlukan para pemimpin.

Menurutnya, kegiatan PKN tersebut telah digelar secara rutin oleh BPSDM Kemendagri. Sugeng juga menyampaikan terima kasih kepada jajarannya atas kepercayaan dan komitmen serius dalam menggelar pelatihan tersebut sebaik-baiknya.

Baca juga : BPSDM Kemendagri dan Pusbangpeg ASN Gelar Diklat Manajemen ASN untuk Tingkatkan Profesionalisme Pegawai

Dia menambahkan, selama ini BPSDM Kemendagri telah terbukti dalam menyelenggarakan pelatihan dengan mengundang para narasumber kompeten di bidangnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan BPSDM Kemendagri Mohammad Rizal berharap, pelatihan tersebut mampu mengembangkan komptensi manajerial bagi para peserta untuk mewujudkan kepemimpinan strategis. Rizal menjelaskan pelatihan itu digelar dengan metode blended learning.

Senada dengan itu, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN Basseng berharap, kegiatan pelatihan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan hingga angkatan-angkatan berikutnya.

Diharapkan pelatihan ini dapat mencetak pemimpin yang cerdas dalam merealisasikan program di daerah dengan kepemimpinan kuat, berani, pandai mencari solusi, dan memiliki nyali.*

Artikel Terkait
Wujudkan Open Government Partnership, BPSDM Kementerian Dalam Negeri Gelar Pameran Inovasi
Optimis Capai Target Penginputan IPKD, BSKDN Kemendagri Terus Lakukan Asistensi kepada Daerah
BPSDM Kemendagri dan Pusbangpeg ASN Gelar Diklat Manajemen ASN untuk Tingkatkan Profesionalisme Pegawai
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas