INDONEWS.ID

  • Rabu, 09/08/2023 16:46 WIB
  • Bertemu Menko Airlangga, Delegasi EU-ASEAN Business Council Dukung Percepatan Penyelesaian Perundingan IEU-CEPA

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Bertemu Menko Airlangga, Delegasi EU-ASEAN Business Council Dukung Percepatan Penyelesaian Perundingan IEU-CEPA

Jakarta, INDONEWS.ID - Di tengah peningkatan risiko berbagai ketidakpastian global saat ini, Pemerintah terus berupaya untuk memperkuat kerja sama ekonomi bilateral dengan sejumlah negara guna mendukung peningkatan perekonomian nasional.

Salah satu upaya dalam memperkuat kerja sama tersebut diwujudkan melalui Pertemuan Delegasi EU-ASEAN Business Council (EU-ABC) dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa (1/08) untuk melakukan diskusi mengenai kerja sama ekonomi bilateral Indonesia-Uni Eropa, outlook perkembangan ekonomi Indonesia, dan kemudahan berbisnis dan investasi di Indonesia.

Baca juga : Menko Airlangga Diskusi dengan Dunia Usaha di London, Update Ekonomi Politik dan Dorong Keberlanjutan Bisnis di Indonesia

“Menggarisbawahi pentingnya untuk selalu menjaga dan memperkuat hubungan ekonomi antara ASEAN dan UE, dan khususnya antara Indonesia dan UE melalui dialog dan konsultasi rutin antara pemerintah dan pelaku bisnis,” ujar Menko Airlangga.

Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan bahwa Indonesia dan Uni Eropa merupakan mitra bisnis yang strategis yang ditandai dengan trend surplus nilai perdagangan Indonesia dalam 5 tahun berturut-turut (2018-2022) dan peningkatan nilai Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 87% untuk periode kuartal pertama tahun 2023 (yoy). Kinerja perekonomian nasional pun sudah on the right track dimana pertumbuhan ekonomi mencapai 5.03% di Q1 dengan proyeksi sebesar 5.2% hingga 5.3% di 2023 dan 5.4% di 2024.

Baca juga : Menko Airlangga dan PM Anwar Ibrahim Sepakat Dorong ASEAN-GCC sebagai Kekuatan Ekonomi Baru

Menanggapi hal tersebut, Delegasi EU-ABC mengapresiasi peran strategis Indonesia dalam dunia internasional dan juga mengapresiasi iklim investasi Indonesia yang semakin baik dalam pembangunan di masa mendatang. Di sisi lain, Delegasi EU-ABC sampaikan dukungannya untuk percepat penyelesaian IEU-CEPA untuk lebih meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, dan industri kedua pihak.

“Selain pentingnya penyelesaian IEU-CEPA, kami juga memiliki concern terhadap kebijakan terkait deforestasi yang baru-baru ini sudah diimplementasi oleh Komisi Eropa. Harapannya kebijakan EU Deforestation Regulation (EUDR) tidak akan menjadi hambatan bagi perdagangan komoditas perkebunan Indonesia ke depannya” ujar Ketua Delegasi EU-ABC.

Baca juga : Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura

Terkait kebijakan UE tersebut, Menko Airlangga menyampaikan rencana pelaksanaan pertemuan Joint Task Force oleh Indonesia, Malaysia dan Uni Eropa dalam waktu dekat. Forum tersebut merupakan salah satu aksi tindak lanjut dari kunjungan Joint Mission Indonesia dan Malaysia ke Brussels, Belgia akhir Mei 2023 lalu.

Selain itu, pertemuan tersebut juga turut membahas isu-isu lain seperti sektor Kesehatan atau pharmaceutical dan logistik nasional, roadmap ekonomi digital nasional dan kawasan melalui Digital Economic Framework Agreement/DEFA, serta perkembangan kebijakan Neraca Komoditas yang saat ini sedang dalam tahap pembahasan revisi aturan Peraturan Presiden No. 32 Tahun 2022 tentang Neraca Komoditas serta pemanfaatan bonus demografi Indonesia dalam percepat upaya pencapaian menuju High Income Country dan menghindari Middle Income Trap.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga turut mengundang sektor swasta yang tergabung dalam EU-ABC untuk ikut mendukung dan mensukseskan peran Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Staf Khusus Menko Perekonomian, Tim Khusus Menko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika, dan Timur Tengah Kemenko Perekonomian, serta perwakilan delegasi bisnis Eropa yang beroperasi di Indonesia dan kawasan ASEAN seperti BASF, Bayer, Danone, Friesland Campina, Michelin dan sejumlah investor terkemuka lainnya. 

Artikel Terkait
Menko Airlangga Diskusi dengan Dunia Usaha di London, Update Ekonomi Politik dan Dorong Keberlanjutan Bisnis di Indonesia
Menko Airlangga dan PM Anwar Ibrahim Sepakat Dorong ASEAN-GCC sebagai Kekuatan Ekonomi Baru
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas