INDONEWS.ID

  • Kamis, 10/08/2023 07:04 WIB
  • Kepala BSKDN Imbau Pemkab Belitung Timur Perkuat Kepemimpinan Guna Tingkatkan Inovasi

  • Oleh :
    • luska
Kepala BSKDN Imbau Pemkab Belitung Timur Perkuat Kepemimpinan Guna Tingkatkan Inovasi

Belitung Timur, INDONEWS.ID- Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperkuat kepemimpinan di wilayahnya guna meningkatkan inovasi daerah. Pesan itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam acara Pekan Inovasi dan Kewirausahaan Belitung Timur Tahun 2023 di Auditorium Zahari MZ Belitung Timur pada Selasa, 8 Agustus 2023. 

Lebih lanjut, Yusharto menjelaskan, memperkuat kepemimpinan merupakan salah satu strategi yang menjadi ujung tombak peningkatan inovasi di suatu daerah. Untuk itu, menurutnya pemimpin di setiap daerah harus mempromosikan inovasi yang dimilikinya secara terbuka. Tidak terkecuali bagi pemimpin di Kabupaten Belitung Timur hingga tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu terus dikembagkan agar dapat membangun tim yang terampil dan kreatif. 

Baca juga : BSKDN Kemendagri Maksimalkan Kualitas Program Kerja Tahun Anggaran 2024

"Dari kepemimpinan yang kuat bukan hanya dapat membangun tim yang gesit, tetapi juga dapat membangun platform menghasilkan ide-ide kreatif untuk mendukung peningkatan inovasi daerah," terangnya. 

Selain memperkuat kepemimpinan, Yusarto juga berharap Pemkab Belitung Timur dapat memperluas jejaring atau kemitraan dengan berbagai pihak. Kolaborasi dengan berbagai pihak dapat memberikan banyak keuntungan meliputi dukungan sumber daya, kemudahan akses keterampilan, hingga dukung sarana dan prasarana untuk mengoptimalkan upaya meningkatkan inovasi daerah. 

Baca juga : Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program

"Kerja sama dengan berbagai aktor di luar sektor publik sangat diperlukan khususnya relasi _pentahelix_ seperti akademisi, dunia bisnis, masyarakat, lembaga think tank, dan masih banyak lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Yusharto mengingatkan agar Pemkab Belitung Timur terus berupaya meningkatkan kompetensi perangkat daerah guna memastikan perkembangan inovasi dapat terus meningkat. Adapun peningkatan kompetensi tersebut dapat ditempuh melalui pelatihan, penyediaan sistem informasi, dan infrastruktur pendukung lainnya. 

Baca juga : Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat

"Inovasi juga perlu didukung dengan kompetensi staf agar dapat berpikir lebih kreatif dan responsif terhadap perkembangan zaman," ujarnya. 

Sejalan dengan itu, dia mengapresiasi Pemkab Belitung terkait pagelaran Pekan Inovasi dan Kewirausahaan yang digelar daerah tersebut. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana publikasi inovasi, rekayasa teknologi daerah, serta berbagai produk kewirausahaan di Kabupaten Belitung Timur. "Semoga ini bisa jadi bentuk apresiasi terhadap  para aktor yang telah mampu mewujudkan berbagai bentuk inovasi maupun terobosan dalam menyelesaikan berbagai problematika yang ada," pungkasnya.

Artikel Terkait
BSKDN Kemendagri Maksimalkan Kualitas Program Kerja Tahun Anggaran 2024
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tips Memilih Jasa Pengurusan Visa
Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah Terbaik di Jabodetabek
Gelar Rapat Internal di Istana, Indonesia Semakin Siap Berproses Menjadi Anggota OECD
Di Hadapan Media Jerman, Menko Airlangga Sebut Investasi Tidak Memiliki Bendera, Indonesia Membuka Peluang Investasi dari Semua Pihak
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas