INDONEWS.ID

  • Selasa, 05/09/2023 08:45 WIB
  • Salut! SiCepat Ekspres Lakukan Beberapa Action Jawab Tantangan Sustainability

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Salut! SiCepat Ekspres Lakukan Beberapa Action Jawab Tantangan Sustainability
Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres, Imam Sedayu Pusponegoro

Jakarta, INDONEWS.ID - SiCepat Ekspres turut hadir dalam Webinar ke-15 Aplog Logistics Forum bertajuk ‘Collaborative Logistic Industry at Sustainable Financing’ yang diselenggarakan secara online melalui Zoom Webinar pada Kamis (31/08) lalu.

Webinar ini turut mengundang Imam Sedayu Pusponegoro selaku Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres dan  Decy Fakhria Chalid selaku Direktur dan Prinsipal Konsultan PT Interlink Technology Services Indonesia untuk berdiskusi terkait pembiayaan berkelanjutan dalam menunjang operasional para pelaku industri logistik dan pengiriman.

Baca juga : SiCepat Ekspres Optimis Hadapi Lonjakan Paket Ramadan

Chief Commercial Officer (CCO) SiCepat Ekspres Indonesia, Imam Sedayu Pusponegoro mengatakan bahwa, dalam upaya memberikan kontribusi yang lebih nyata terkait sustainable action, SiCepat Ekspres telah menjalankan beberapa program berkelanjutan hingga melakukan migrasi kendaraan yang semula konvensional menjadi kendaraan motor listrik yang ditujukan bagi para kurir.

"Kami menyadari bahwa berjalannya operasional bisnis pengiriman merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar di negeri ini. Oleh sebab itu, di tahun 2021 lalu perusahaan kami telah memikirkan bagaimana kami menjalankan operasional dengan lebih memperhatikan aspek sustainability yaitu dengan bekerja sama dengan Volta untuk penyediaan 10.000 unit motor listrik bagi para kurir kami.

Baca juga : Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM

Tak hanya sampai situ saja, kami juga memikirkan bagaimana ekosistem kendaraan listrik ini bisa berlangsung dengan baik. Sehingga, kami bekerja sama dengan PT Energi Selalu Baru (ESB) untuk bisa menyediakan lebih dari 180 titik stasiun ganti baterai (SGB) yang berlokasi di gerai-gerai operasional kami," jelas Imam.

Dalam pengimplementasian prinsip-prinsip sustainability khususnya berkaitan dengan proses operasional, SiCepat Ekspres menemukan beberapa tantangan yang dihadapi, yakni salah satunya berkaitan dengan pembiayaan berkelanjutan (sustainable financing). Imam menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada mekanisme pembiayaan berkelanjutan yang dapat mengakomodasi langkah transformasi SiCepat dalam penggunaan motor listrik.

Baca juga : SiCepat Ekspres Dorong Peningkatan Skill dan Kreativitas Pelaku Usaha Lewat Sanubari Business Plan Competition

‘’Pembiayaan berkelanjutan ini menjadi tantangan yang kami hadapi dalam implementasi sustainable logistic. Dalam menghadapi tantangan tersebut, kami secara mandiri membuat sistem pembiayaan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan para kurir yang ingin bermigrasi menggunakan motor listrik. Tentunya, hal ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Sehingga ke depannya, dengan perkembangan sistem pembiayaan berkelanjutan yang ada, hal ini kami harap dapat mendorong pertumbuhan transformasi bisnis ke arah yang lebih sustain.’’ pungkas Imam.

Transformasi kendaraan konvensional menjadi motor listrik di sisi operasional SiCepat Ekspres terbukti memberikan perubahan signifikan dalam mengurangi dampak lingkungan. Tidak hanya mengurangi emisi karbon, penggunaan motor listrik juga menguntungkan secara finansial. Berdasarkan perhitungan SiCepat Ekspres, melalui implementasi motor listrik perusahaan dapat menghemat sebesar 80% dari pengeluaran yang diperlukan.

Dengan implementasi berbagai inisiatif berkelanjutan ini, SiCepat Ekspres berharap dapat terus berkomitmen untuk berinovasi dan berkontribusi positif terhadap perkembangan industri logistik yang berkelanjutan.

SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 1 hari sampai untuk kota besar di seluruh wilayah Indonesia yang didukung dengan sistem teknologi terkini.

Dengan slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjawab berbagai kebutuhan pelaku e-commerce.

SiCepat Ekspres berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan logistik terintegrasi melalui hadirnya aplikasi SiCepat Superapp. Aplikasi SiCepat Superapp tersedia dan dapat diunduh melalui App Store dan Google Playstore.

Artikel Terkait
SiCepat Ekspres Optimis Hadapi Lonjakan Paket Ramadan
Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM
SiCepat Ekspres Dorong Peningkatan Skill dan Kreativitas Pelaku Usaha Lewat Sanubari Business Plan Competition
Artikel Terkini
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas