INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/09/2023 07:09 WIB
  • Sambut HUT KE-78 TNI AL, Dispotmaral Bersama Berbagai Elemen Masyarakat Gelar Prokasih

  • Oleh :
    • luska
Sambut HUT KE-78 TNI AL, Dispotmaral Bersama Berbagai Elemen Masyarakat Gelar Prokasih

Jakarta, INDONEWS.ID - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Laut Tahun 2023, Dinas Potensi Maritim TNI AL ( DISPOTMARAL) menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) dengan aksi bersih-bersih sampah,  Selasa pagi (05/09/2023).
 
Dalam kegiatan ini, Dispotmar, Puspomal dan Pushidrosal menurunkan ratusan personelnya bersama  warga, siswa siswi dari SMK Hangtuah, SMAN  72 Jakarta, Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya (AMAN JAYA) dan juga personel dari Kelurahan Kelapa Gading Barat.
 
 
Peserta aksi bersih bersih ini tak hanya diikuti oleh warga dan petugas kebersihan saja, DISPOTMARAL juga berkolaborasi dengan tim CSR dari HW GROUP yang bernama HW Peduli. Dalam kegiatan ini, HW Peduli turut serta menyalurkan sejumlah bantuan berupa makanan ringan, air mineral, sarung tangan karet, masker, plastik sampah, dan penjaring sampah.
 
HW Peduli turut bergabung dengan Program Kali Bersih ini juga karena sejalan dengan kampanye yang sedang dilaksanakan yakni “BERSIH KALIMU, BERSIH PULA HATIMU”. 

Kampanye ini merupakan bentuk apresiasi HW Peduli dalam memperingati "HARI SUNGAI SEDUNIA"  yang jatuh di hari minggu ke empat di bulan September.
 
Kampanye ini juga merupakan bentuk kepedulian HW Peduli untuk meningkatkan kesadaran masyarkat dalam menjaga keindahan, kebersihan dan keberlangsungan ekosistem yang ada di kali dan sungai agar tidak tercemar sampah.
 
Secara gotong-royong, personel Dispotmaral bersama warga, tim HW Peduli dan pasukan kebersihan menyisir sepanjang Kali untuk memungut sampah yang bertebaran di Kawasan di sungai.
 
Salah satu Kali yang menjadi target utama pembersihan adalah Kali Bukit Gading Raya (BGR) yang berada di Kelapa Gading Jakarta Utara. Karena di masa musim penghujan Kali BGR kerap meluap dan menjadi salah satu penyebab banjir di Kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara.
 
Pembersihan pada kali yang memiliki lebar 12 – 15 meter ini dimulai dari pengambilan sampah di pinggiran kali dengan menggunakan sapu lidi, pengki dan karung plastik. Sedangkan di dalam Kali, pembersihan dilakukan dengan menggunakan perahu karet untuk mengambil dan memasukkan sampah ke dalam karung plastik, selanjutnya dimuat ke atas kendaraan dinas kebersihan.
 
Kegiatan PROKASIH ini dilaksanakan serentak di  78 titik seluruh Indonesia di masing-masing wilayah.

Baca juga : Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta

 DISPOTMARAL dan Tim HW Peduli berharap aksi PROKASIH ini dapat menangani permasalahan sampah sungai dan Pengendalian pencemaran di sumgai, terutama sampah plastik.

Baca juga : PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Artikel Terkait
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Dianggap "Lahan Tak Bertuan", Sekolah Sering Jadi Tempat Penyemaian Ideologi Radikal
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas