INDONEWS.ID

  • Kamis, 21/09/2023 12:19 WIB
  • Sinergi Dengan TNI, PTPN VI Bangun MCK dan Sumur Bor

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Sinergi Dengan TNI, PTPN VI Bangun MCK dan Sumur Bor

Jambi, INDONEWS.ID - PTPN VI unit usaha Lagan, membangun tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Sumur Bor untuk warga desa Sungai Tawar, Tanjung Jabung Timur.

Pembangunan ini bentuk siinergitas antara PTPN VI dan Kodim 0419/Tanjung Jabung serta Pemkab Tanjung Jabung Timur dalam rangkaian Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118.

Baca juga : Panitia Nyepi Nasional Gelar Bakti Sosial, Pengobatan Gratis Serta Saka Yoga Festival di Candi Kedulan

"Terima kasih kepada PTPN VI atas kontribusinya terlibat secara langsung bersama-sama membangun desa Sungai Tawar," kata Bupati Tanjab Timur, Romi Haryanto saat membuka TMMD ke 118 di lapangan PTPN VI unit usaha Lagan kecamatan Mendahara, Tanjab Timur, Rabu (20/9/2023).

Bupati Tanjab Timur mengatakan, PTPN VI unit usaha Lagan tidak hanya memberikan bantuan dengan membangun MCK dan Sumur Bor untuk warganya, tapi juga menyiapkan lapangan PTPN VI yang menjadi posko komando selama TMMD sebulan kedepan.. "Ini bentuk sinergi kami dari Pemda, Kodim 0419 serta PTPN VI," tegas Bupati.

Baca juga : Kepala BNPB Kunjungi Lokasi Terdampak Bencana Hidrometeorologi di Jawa Tengah

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjung Jabung, Letkol Kav Muslim Rahim menegaskan, dalam TMMD ini pihaknya melibatkan unsur dari Pemkab, Polres, PTPN VI, Petro China dan lain. "Alhamdulillah kawan-kawan pelaku usaha seperti PTPN VI ikut secara lngsung membantu secara fisik dan non fisik," tegas Dandim.

Menurut Dandim, TMMD akan berlangsung selama satu bulan dengan target membangun jalan desa Sungai Tawar kecamatan Mendahara sepanjang 12 kilometer. Jalan ini akan membuka akses warga beraktifitas ke ibukota kecamatan, dimana selama warga memanfaatkan angkutan sungai dalam aktifitas sehari-hari.

Baca juga : Pergerakan Tanah di Bandung Barat, Pemerintah Akan Merelokasi Rumah Warga

"Selain membangun jalan, kami juga membuat satu unit MCK dan Sumur Bor, bedah rumah warga 5 unit, rehab masjid 2 unit, mushola 1 unit, membangun gedung madrasah dan PAUD. Semua ini, berada di desa Sungai Tawar kecamatan Mendahara, Tanjab Timur. Insya Allah satu bulan selesai," tegas Dandim.

Pada bagian lain, Manager PTPN VI unit usaha Lagan Nazarsyah Hutagalung mengapresiasi kegiatan TMMD Kodim 0419/Tanjung Jabung karena akan membangun desa Sungai Tawar yang merupakan tetangga PTPN VI unit Lagan.

"Kami terlibat langsung, membangun MCK dan Sumur Bor total biaya semua Rp 30,5 juta. Fasilitas lapangan kami juga jadi lokasi acara. Beberapa karyawan juga kami perbantukan untuk turun gotong royong bersama TNI dan Polri," tegas Nazarsyah Hutagalung.

Artikel Terkait
Panitia Nyepi Nasional Gelar Bakti Sosial, Pengobatan Gratis Serta Saka Yoga Festival di Candi Kedulan
Kepala BNPB Kunjungi Lokasi Terdampak Bencana Hidrometeorologi di Jawa Tengah
Pergerakan Tanah di Bandung Barat, Pemerintah Akan Merelokasi Rumah Warga
Artikel Terkini
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Panglima TNI Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas