INDONEWS.ID

  • Kamis, 21/09/2023 13:23 WIB
  • Kompetisi Robot MAKEX 2023 Jakarta: Merajut Teknologi dan Bakat Terbaik Generasi Muda

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kompetisi Robot MAKEX 2023 Jakarta: Merajut Teknologi dan Bakat Terbaik Generasi Muda
Michael Timotius Kenny selaku CEO PT Taman Teknologi Nusantara (kiri); Elvira Indriasari selaku Advertizing & Promotion Manager Mall Taman Anggrek (tengah); Erwin Oktavia selaku PT Joindo Eka Handal (kanan)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kompetisi Robotik "MAKEX 2023" kali ini sedikit berbeda dari kegiatan sebelumnya. Di acara kali ini, selain kompetisi robotika yang menggabungkan kemampuan teknologi canggih dengan bakat-bakat luar biasa generasi muda diselenggarakan juga kompetisi XTalent untuk pertama kalinya.

Event ini diorganisir oleh PT Taman Teknologi Nusantara dan akan menjadi panggung bagi para pemuda untuk mengeksplorasi potensi mereka dalam dunia robotik dan bakat mereka dalam berbagai bidang.

Kompetisi MAKEX 2023, terbagi atas beberapa kategori kompetisi yakni MAKEX STARTER (usia 8 - 13 tahun), MAKEX INSPIRE (usia 6 - 10 tahun). Peserta diharapkan dapat membangun dan memprogram robot masing-masing agar dapat menyelesaikan misi yang diberikan.

Selain menguji kompetensi, para peserta juga harus bekerja sama dengan tim lainnya untuk menyelesaikan misi. MAKEX 2023 Jakarta Region, diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari Jakarta dan luar jakarta seperti Bandung, Semarang, Malang dan kota lainnya di Indonesia.

Dalam kegiatan kali ini, akan didapatkan 1 (satu) Tim Juara yang akan mewakili Indonesia ke Kompetisi Tingkat Dunia di Yantai, China awal Desember 2023. Sementara yang belum menjadi Juara akan melaju ke babak Nasional di Institut Teknologi Bandung, Oktober 2023.

"Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan kegiatan XTalent kepada para pemuda di seluruh negeri. Harapan kami kegiatan ini akan menjadi wadah bagi para siswa, pendidik, orang tua mendapatkan kesempatan unik untuk mengeksplorasi dua dunia yang berbeda teknologi dan seni," kata Erwin Oktavia selaku PT Joindo Eka Handal dalam sesi prescon di Jakarta, Kamis (18/9/23).

Acara ini diharapkan akan menarik peserta dari berbagai latar belakang, termasuk sekolah-sekolah, komunitas robotik, dan kelompok seni lokal. Ini adalah langkah yang signifikan dalam mendukung perkembangan potensi generasi muda dalam berbagai aspek kehidupan mereka.

Makex EduFair

XTALENT 2023 dibagi menjadi dua sesi yakni XTalent KIDS dan XTalent Teens, dengan kategori usia XTalent KIDS (usia 6 - 12 tahun) dan XTalent TEENS (usia 13 - 15 tahun).

XTALENT memberikan kesempatan kepada talenta muda untuk menunjukkan bakat tersembunyi mereka kepada dunia. Kami tidak hanya akan menyelenggarakan kompetisi robotika, tetapi kami juga memperkenalkan kompetisi bakat baru yang disebut "XTALENT 2023."

Dalam ajang pencarian bakat ini, generasi muda Indonesia akan menampilkan bakat-bakat terpendam mereka kepada dunia. Bakat ini melampaui seni, musik, dan tari dan termasuk bakat unik yang akan memikat juri dan penonton.

Selanjutnya, pada hari yang sama, pihaknua akan menyelenggarakan "MAKEX EDUFAIR," sebuah pameran pendidikan yang memungkinkan lembaga pendidikan untuk mempromosikan sekolah mereka sebagai bagian dari kegiatan acara kami.

"Kami sangat senang memperkenalkan acara XTalent untuk generasi muda di seluruh negeri. Harapan kami adalah bahwa acara ini akan menyediakan platform bagi para talenta muda ini untuk bersinar di panggung global. Tujuan utama kami adalah menyukseskan acara ini, dan kami berharap para peserta akan pergi dengan rasa puas dan bangga," kata Mikael Timotius selaku CEO PT Taman Teknologi Nusantara.

"Harapan utama kami adalah bahwa acara ini akan berjalan lancar dan mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keberhasilan akan diukur dari jumlah peserta dan dampak positif yang dihasilkan. Kami juga berharap dapat menarik peserta dari berbagai latar belakang, termasuk sekolah, komunitas robotika, dan kelompok seni lokal. Hal ini merupakan langkah signifikan dalam mendukung pengembangan potensi generasi muda dalam berbagai aspek kehidupannya," imbuhnya.

Tentang PT Taman Teknologi Nusantara disebut TETRA, sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk mempromosikan pendidikan teknologi dan seni di kalangan generasi muda. Kami berusaha untuk menciptakan kesempatan bagi mermereka untuk mengembangkan keterampilan dan bakat mereka dalam dua bidang ini.

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Mengenal Jasa Pre-Commissioning, Kunci Keberhasilan untuk Berbagai Sektor Industri
Pembekalan Menhan RI Kepada Capaja TNI-Polri Tahun 2024
Di Depan Forkopimda Batam, Menko Airlangga: Mumpung Indonesia Lagi Diminati, Iklim Investasi Harus Kondusif
Nasabah PNM Mekaar Bawa Batik Ecoprint Jadi Primadona Hingga Mancanegara
Menjadi Soko Guru Perekonomian Nasional, Menko Airlangga Ingatkan agar Koperasi Utamakan Anak Muda dan Digitalisasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id