INDONEWS.ID

  • Rabu, 04/10/2023 16:28 WIB
  • Kemarau Panjang PTPN VI Beri Jalan Keluar

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Kemarau Panjang PTPN VI Beri Jalan Keluar

Jambi, INDONEWS.ID - Bagai mendapat setetes air ditengah padang pasir, beginilah kondisi warga desa sungai tawar, Kecamatan Mendahara, Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Ketika kebutuhan air bersih susah di dapat pada musim kemarau saat ini, PTPN VI Unit Usaha Lagan bersama personil Kodim 0419/Tanjung Jabung datang membuat sumur bor untuk warga desa dalam rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118.

Menurut Kades, dalam kondisi kemarau panjang saat ini menyebabkan beberapa sungai dan sumur warga menjadi kering dan tak layak konsumsi apalagi daerah kami ini termasuk dalam daerah gambut. Warga desa sungai tawar merasakan kondisi sulit ini dan sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, kata Kepala Desa (Kades) Sungai Tawar, Junaidi.

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR

"Kami sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan tiap hari. Syukurnya, PTPN VI Unit Usaha Lagan dan TNI dari Kodim membantu. Mereka membuat sumur bor dengan kedalaman 120 meter. Alhamdulillah, air bersihnya sudah mengalir dan sudah dimanfaatkan oleh warga desa," kata Kades.

Kades mengungkapkan, air bersih dari sumur bor ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan warga sehari-hari namun juga kami manfaatkan untuk kebutuhan air di masjid. Selain sumur bor PTPN VI juga memberikan bantuan tempat mandi cuci kakus (MCK) yang bisa di manfaatkan oleh warga desa kami.

Baca juga : PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo

 "Kedepan kami akan melibatkan perangkat desa seperti Lembaga Masyarakat Desa (LMD) untuk penggunaan dan pengaturan distribusi air bersih ini ke rumah-rumah warga. Pengaturan distribusi ke masjid juga penting, untuk wudhu jamaah, " kata Kades Sungai Tawar.

Sementara, Manager PTPN VI Unit Usaha Lagan Nazarsyah Hutagalung, pembangunan sumur bor serta Pembangunan MCK juga telah selesai di bangun, dan fasilitas juga sudah dimanfaatkan oleh warga desa, bantuan ini berasal dari dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PTPN VI. " Tutup Nazarsyah singkat.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Artikel Terkait
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas