INDONEWS.ID

  • Kamis, 05/10/2023 12:10 WIB
  • Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI, Presiden Joko Widodo: Terimakasih atas Dedikasi dan Pengabdiannya Menjadi benteng NKRI

  • Oleh :
    • luska
Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI, Presiden Joko Widodo: Terimakasih atas Dedikasi dan Pengabdiannya Menjadi benteng NKRI

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dalam upacara tersebut, presiden bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan perwira pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY), didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat).

Sementara untuk perwakilan penerima tanda kehormatan di antaranya Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Aspotmar KSAL) dan Marsda TNI Andi Kustoro, (Pangkoopsud II).

Sebelum upacara dilanjutkan, Presiden Jokowi terlebih dahulu mengecek kesiapan para peserta upacara yang terdiri dari seluruh prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Pramuka serta PNS di Angkatan. Jokowi yang mengenakan jas hitam menaiki tank BMP-3F yang merupakan jenis tank amfibi.
Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Mengawali upacara, Presiden Joko Widodo memimpin jalannya mengheningkan cipta bagi para arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya dilakukan pengucapan Sapta Marga.

Dalam amanatnya, Kepala Negara atas nama rakyat, bangsa, dan negara, menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada TNI. Presiden juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI.

"Pertama-tama atas nama rakyat bangsa dan negara saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara-saudara bertugas," kata Jokowi.

Presiden juga berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI yang telah menjadi benteng terdepan pertahanan negara serta pelindung rakyat.

"Dan terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme, dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, perisai penjaga Pancasila, perisai penjaga UUD 1945," kata Jokowi.

Tampak hadir dalam Upacara HUT TNI ke 78 2023 ini sejumlah tokoh dan pejabat diantaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, Wapres ke-11 Boediono, lalu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Upacara HUT ke-78 TNI kali ini menampilkan Parade dan Defile dengan mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. 

Kekuatan Pasukan Upacara Parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers. Veteran (naik kendaraan).

Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara di atas Jakarta pada saat 5 Oktober 2023. Demonstrasi di antaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel. Juga tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel,dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan di tutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.

Dan sejak tanggal 24 September 2023 melaksanakan berbagai kegiatan di Monas seperti Bakti Kesehatan meliputi operasi katarak, sunatan massal dan donor darah, Panglima TNI Run, Matra Fair dari TNI AD, AL dan AU serta pembagian sembako kepada masyarakat.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas