INDONEWS.ID

  • Kamis, 19/10/2023 15:59 WIB
  • Sosialisasi FPIC, Tokoh Gendang Lale Sebut Warga Dukung Penuh PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok

  • Oleh :
    • Mancik
Sosialisasi FPIC, Tokoh Gendang Lale Sebut Warga Dukung Penuh PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok
Sosialisasi free prior informed consent (FPIC) yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra).(Foto:Dok.PLN)

INDONEWS.ID - Tokoh masyarakat Gendang Lale, Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Manggarai, NTT, Petrus Pamor, mengungkapkan warganya mendukung penuh proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu 5-6 di Poco Leok.

Hal itu disampaikan Petrus Pamor usai sosialisasi free prior informed consent (FPIC) yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) pada Senin, 2 Oktober 2023.

Baca juga : PLN Serahkan Uang Ganti Rugi kepada Pemilik Lahan Proyek PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok

"Kami warga Lale sangat setuju pengembangan PLTP Ulumbu. Tidak ada masalah dan kami semua setuju," kata Petrus Pamor.

Dukungan itu muncul mengingat peran PLTP Ulumbu dalam menyokong kelistrikan masyarakat selama ini sangatlah dominan. Petrus mengatakan PLTP Ulumbu memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat Manggarai Raya.

Baca juga : Program Desa Berdaya, PLN UIP Nusra Gelar Pelatihan Hortikultura untuk Warga Sekitar PLTP Ulumbu di Poco Leok

Assistent Managar Perizinan dan Umum PT PLN (Persero) UPP Nusra 2, Lalu Irlan Jayadi mengatakan kegiatan FPIC ini memang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara utuh kepada masyarakat akan pentingnya pengembangan PLTP Ulumbu unit 5-6 serta pemanfaatan energi bersih.

Kegiatan FPIC ini merupakan kewajiban PLN kepada warga yang masuk dalam kategori kawasan pengembangan mulai dari ring 1, 2, dan 3.

Baca juga : Diskusi dengan Keuskupan Ruteng, PLN Pastikan Pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 Poco Leok Berpegang pada Asas Ekologi Integral

Dalam mengembangkan energi baru terbarukan (EBT), PLN tetap memerhatikan potensi masyarakat beserta lingkungan sekitar kawasan pengembangan proyek kelistrikan.

"Melalui kegiatan ini, PLN dapat mendengarkan langsung apa yang menjadi aspirasi warga Gendang Lale tentang rencana pengembangan PLTP Ulumbu, mulai dari pengelolaan sosial masyarakat, tenaga kerja, pelatihan, beasiswa pendidikan, serta kesehatan masyarakat," kata Lalu Irlan Jayadi.

Keterlibatan warga setempat merupakan suatu hal yang penting khususnya melalui sektor pertanian dan peternakan, karena harus relevan dengan potensi. Sebab, PLN tidak hanya fokus pada proyek kelistrikan, tetapi juga turut memerhatikan aspek sosial melalui program pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan pengembangan.*

Artikel Terkait
PLN Serahkan Uang Ganti Rugi kepada Pemilik Lahan Proyek PLTP Ulumbu 5-6 di Poco Leok
Program Desa Berdaya, PLN UIP Nusra Gelar Pelatihan Hortikultura untuk Warga Sekitar PLTP Ulumbu di Poco Leok
Diskusi dengan Keuskupan Ruteng, PLN Pastikan Pengembangan PLTP Ulumbu 5-6 Poco Leok Berpegang pada Asas Ekologi Integral
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas