INDONEWS.ID

  • Sabtu, 04/11/2023 10:01 WIB
  • PangKoopsudnas Hadiri Pelepasan Bantuan Kemanusiaan Palestina Oleh Presiden Jokowi

  • Oleh :
    • luska
PangKoopsudnas Hadiri Pelepasan Bantuan Kemanusiaan Palestina Oleh Presiden Jokowi

Jakarta, INDONEWS.ID - Panglima Komando Operasi Udara Nasional (PangKoopsudnas) Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M. turut menghadiri pelepasan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina yang dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Sabtu (04/11/2023), di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan, pengiriman bantuan tahap pertama yang akan dibawa menggunakan tiga pesawat ini berisi bantuan seberat 51,5 ton. Bantuan ini terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari Baznas, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya, kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan, pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses dipersiapkan. Pengiriman bantuan ini, ujarnya, merupakan wujud solidaritas Indonesia terhadap bangsa Palestina serta kepedulian bangsa Indonesia terdapat kemanusiaan.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina.

“Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” tandasnya.

Turut hadir dalam pelepasan ini, antara lain, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Pangdam Jaya Mayjen  TNI Mohammad Hasan serta Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan dua pesawat C-130 Hercules untuk  mengirim bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Dua pesawat masing-masing A-1327 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan A-1328 dari Skadron udara 32 Lanud Abd. Saleh Malang.

Pengiriman dua pesawat C-130 Hercules tersebut sesuai  instruksi Panglima TNI kepada Kasau Marsekal.TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia kepada rakyat Palestina di Gaza.

Sebanyak 26 ton bantuan kemanusiaan,  untuk Rakyat Palestina , siap diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Bertindak sebagai Mission Commander Kolonel Pnb Subhan. Penerbangan C-130 Hercules , akan menempuh rute Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta - Lanud Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh) - Yangon (Myanmar) - New Dehli (India). Keesokan harinya (5/11) akan mela jutkan penerbangan dari New Dehli - Abu Dhabi - Jeddah. Selanjutnya (6/11) Jeddah - El Arish (Mesir) - Jeddah - Abu Dhabi. Besoknya (7/11) Abu Dhabi - Mumbai - Yangon. Yangon Sim - Halim (8/11).

Bantuan kemanusian tersebut mencakup berbagai jenis, diantaranya obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak, makanan, alat penunjang disabilitas/hegiene kit, selimut dan barang-barang lainnya yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Palestina 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Wujudkan Kemandirian Daerah, Kepala BSKDN Dorong Proyek Perubahan Jadi Inovasi
Dies Natalis ke-57, Universitas YARSI Wisuda 406 Sarjana dan Pascasarjana
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas