INDONEWS.ID

  • Kamis, 09/11/2023 11:19 WIB
  • Bupati Tanah Datar Eka Putra Sambut Baik Kegiatan Penguatan Parlemen Melalui Seni dan Budaya

  • Oleh :
    • luska
Bupati Tanah Datar Eka Putra Sambut Baik Kegiatan Penguatan Parlemen Melalui Seni dan Budaya

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar hadir langsung pada acara Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Day dalam rangka penguatan diplomasi parlemen melalui seni dan budaya daerah,i Aie Angek Kottage Nagari Aie Angek Kecamatan X Koto.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dr. H. Fadli zon, S.s M.Sc . Dt. Bijo Dirajo Nan Kuniang, Ir. H. Achmad Hafizh Tohir dari fraksi partai PAN, H. Fadhlullah, SE dari fraksi partai Gerindra, Hasbi Anshori, S.E, M.M dari fraksi partai Nasdem, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, tokoh Budayawan Sumatera Barat Mushra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Rektor ISI Padang Panjang, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumbar, Seluruh Tim kunjungan kerja BKSAP DPR RI dan seluruh peserta BKSAP Day.

Baca juga : Sebanyak 30 Pengurus LKAAM dan Pemangku Adat Kabupaten Tanah Datar Studi Banding ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Ketua BKSAP yang telah memilih melaksanakan kegiatan BKSAP Day di kabupaten Tanah Datar.

"Semoga kegiatan kita ini membawa semangat baru, menambah ilmu dan wawasan untuk melahirkan gagasan-gagasan baru demi kemajuan daerah," ujar Bupati.

Baca juga : Akhiri Penantian Selama 7 Tahun, Bupati Tanah Datar Resmikan Jembatan Tapian Kelambu

Sebagai daerah tertua dengan julukan Luhak Nan Tuo, kata Bupati Eka, Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah pusat kebudayaan Minangkabau di Sumatera Barat.

"Tanah Datar merupakan daerah tujuan wisata utama di Propinsi Sumatera Barat, memiliki potensi destinasi wisata yang beraneka ragam. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, wisata kuliner, wisata minat khusus dan atraksi seni tradisional.Memiliki lebih kurang terdapat 190 destinasi wisata, Pemerintah Tanah Datar memiliki komitmen yang tinggi dalam hal memajukan dunia pariwisata dan melestarikan adat istiadat dan budaya,"

Baca juga : dr Admar Anwar dilewakan Jadi Datuk Tan Panghulu dari Suku Piliang Nagari Pagaruyung

Terkait hal tersebut salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah melalui kegiatan satu nagari satu event. program ini di usung karena melihat fenomena banyaknya kebudayaan asli di nagari-nagari, kesenian, adat salingka nagari yang tidak diketahui lagi oleh generasi muda.

"Saat ini masih banyak anak nagari yang tidak tahu lagi prosesi adat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, khususnya Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo yang merupakan pusek jalo pumpunan ikan. Untuk itu, kami yakin, dengan adanya event di nagari, adanya festival-festival kebudayaan ini akan menjadi wadah pelestarian kebudayaan, pelestarian alam, pengenalan kuliner khas nagari dan akan menjadi ajang promosi produk UMKM nagari," terang Bupati Eka.

 Bupati Eka Putra juga berharapkegiatan BKSAP Day yang mengangkat tema “Penguatan diplomasi parlemen melalui seni dan budaya daerah” dapat meningkatkan pemahaman seluruh peserta tentang pentingnya seni dan budaya dalam diplomasi parlemen.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini akan dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran dan diskusi yang dapat membangun untuk kemajuan dan pelestarian seni dan budaya, serta peran seni dan budaya dalam akselerasi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan khususnya di Kabupaten Tanah Datar,"

 Ketua BKSAP DPR RI Fadly Zon mengatakan bahwa keberadaan lembaga parlemen memiliki peran penting didalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Selain menjalankan fungsi pengawasan, penganggaran dan legislasi, parlemen juga memiliki tugas melakukan diplomasi.

BKSAP merupakan alat kelengkapan dewan yang secara spesifik diberi mandat untuk menjalankan diplomasi parlemen.

"Dalam konteks tugas dan fungsinya, BKSAP akan dapat menjalankan fungsi diplomasinya jika mampu menjembatani kepentingan lokal dan tuntutan global. Artinya, untuk menopang fungsi diplomasi BKSAP perlu membangun sinergi dengan berbagai institusi di daerah. Mulai dari pemerintah daerah, perguruan tinggi dan juga pihak swasta lainnya," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Fadly Zon, kegiatan kunjungan kerja BKSAP dalam format BKSAP Day ini sangat krusial sebagai media parlemen untuk melakukan diseminasi, menyerap aspirasi dan membangun sinergi dengan berbagai pihak di daerah.

Salah satu tujuan utama kegiatan BKSAP Day adalah untuk meningkatkan pemanfaatan potensi daerah menjadi brand nasional dalam penguatan nilai strategis diplomasi parlemen, sekaligus sebagai katalisator pembangunan daerah. (M.Datuk)

Artikel Terkait
Sebanyak 30 Pengurus LKAAM dan Pemangku Adat Kabupaten Tanah Datar Studi Banding ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau
Akhiri Penantian Selama 7 Tahun, Bupati Tanah Datar Resmikan Jembatan Tapian Kelambu
dr Admar Anwar dilewakan Jadi Datuk Tan Panghulu dari Suku Piliang Nagari Pagaruyung
Artikel Terkini
Menko Airlangga: Hingga Juni 2024, KEK Berhasil Catatkan Realisasi Investasi Rp205,2 triliun dan Serap 132.227 Tenaga Kerja
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id