INDONEWS.ID

  • Sabtu, 11/11/2023 17:26 WIB
  • Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Bisnis Prof. Dr. R. Luki Karunia

  • Oleh :
    • luska
Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Bisnis Prof. Dr. R. Luki Karunia

Jakarta, INDONEWS.ID –Politeknik STIA LAN Jakarta kembali menyelenggarakan pengukuhan Guru Besar salah satu dosen dalam Bidang Ilmu Administrasi Bisnis, yaitu Prof. Dr. R. Luki Karunia, SE.AK.,MA. CA, CACP. Pengukuhan ini diselenggarakan di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Lembaga Administrasi Negara, Pejompongan Jakarta Pusat. Pembukaan Sidang Senat Terbuka, dipimpin oleh Ketua Senat Politeknik STIA LAN Jakarta, Dr. Asropi, S.IP., M.Si, dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Bisnis oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A. 

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Transformasi Dewan Komisaris Dalam Menjaga Performa Badan Usaha Milik Negara”, Prof. Dr. R Luki Karunia, SE., Ak., MA, CA., CACP, menekankan pentingnya untuk meningkatkan kinerja dan memastikan pelaksanaan Good Corporate Governance pada BUMN karena tingginya ekspektasi publik atas penyelenggaraan pengelolaan BUMN secara efisien dan kompetitif, maka penguatan peran Dewan Komisaris  harus dimaknai sebagai bagian dari upaya peningkatan kinerja organisasi BUMN. Pentingnya peran Dewan Komisaris adalah untuk mewujudkan komitmen dalam rangka efisiensi, efektivitas, produktivitas dan pengendalian BUMN dalam menjalankan fungsinya.

Baca juga : Implementasi Kebijakan IKN dalam Persfektif Sosial,Budaya dan Politik

Penguatan BUMN dalam perspektif tata kelola dalam memenuhi asas transparansi dan tanggung jawab Perusahaan, dibutuhkan komitmen tinggi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah sebagai regulator yang memiliki kewenangan strategis untuk menempatkan komisasris sebagai instrumen pengendalian agar BUMN tetap dalam posisi on track dalam pengelolaan kebijakan bisnis, perencanaan serta pengendalian operasionalisasi secara efisien. 

Diakhir pidatonya, Prof. Luki Karunia, menyampaikan bahwa, BUMN yang kuat sesungguhnya mencerminkan pengelolaan negara secara efisien, untuk menjadi negara yang kuat dan maju maka efisiensi dalam berbagai dimensi yang menyangkut dengan pengelolaan dan pengendalian keuangan negara termasuk pengelolaan BUMN menjadi penting dan sangat berkaitan erat dengan paradigma administrasi, baik administrasi publik maupun administrasi bisnis secara menyeluruh.

Baca juga : Belajar Dari Desa Berkembang Lombok Timur, Politeknik STIA LAN Jakarta Rekomendasikan Kolaborasi Sister Village

Hadir dalam prosesi pengukuhan para guru bersar di lingkungan Politeknik STIA LAN dan perguruan tinggi lainnya serta anggota Senat Politeknik STIA LAN Jakarta, yaitu:
Prof. Dr. Adi Suryanto, S.Sos., M.Si., CHRM 
Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA 
Dr. Asropi, M.Si 
Prof. Dr. A. Azis Sanapiah, MPA 
Prof. Dr. Johanes Bsuki, M.Psi 
Prof. Dr. Amir Imbaruddin, MDA 
Prof. Dr. Endang Wirjatmi Tri Lestari, M.Si 
Prof. Dr. Hanif Nurcholis, M.Si 
Prof. Dr. Steph Subanidja, SE,MBA 
Dr. Sulaeman Fattah, M.Si 
Dr. Muhamad Nur Afandi, S.Pd., M.T 
Dr. Mala Sondang Silitonga, MA 
Dr. Neneng Sri Rahayu, M.Si 
Dr. Edy Sutrisno, M.Si
Ratri Istania, M.A., Ph.D.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, MM, M.Si, yang juga merupakan Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)  dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Prof. Luki Karunia dan Politeknik STIA LAN Jakarta sebagai kampus pengabdian Prof. Luki Karunia selama ini. Prof. Paiman Raharjo berpesan agar pencapaian yang diraih oleh Profesor Luki menjadikannya sosok yang rendah hati dan dapat lebih berkontribusi dalam konteks praktik keilmuan serta pengembangan dan penguatan Politeknik STIA LAN Jakarta, Lembaga Administrasi Negara, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca juga : Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas

Selanjutnya, Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Prof. Dr. Adi Suryanto, S.Sos., M.Si., CHRM dalam sambutannya menyebutkan pentingnya penguatan sumber daya manusia Politeknik STIA LAN Jakarta, untuk menghadapi tantangan di masa depan. Di akhir sambutan Prof Adi berharap, pengukuhan ini menjadi keberkahan dan kebermanfaatan bagi keluarga besar Politeknik STIA LAN Jakarta dan LAN secara umum, untuk dapat berkiprah dan berkontribusi bagi kemajauan bangsa khususnya melalui penyelenggaraan pelayanan pendidikan tinggi.

Sejumlah tamu undangan hadir pada acara pengukuhan, baik dari internal Sivitas Akademika Poltek, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan LAN, kolega dosen, serta perwakilan sejumlah BUMN yang merupakan kolega akademik dan professional Prof. Luki Karunia, diantaranya: Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Bidang Sumber Daya Ventura dan Administrasi Umum Universitas Indonesia, Nanda Ayu Wijayanti, Ph.D, Dr. Hery Subowo, Auditor Utama BPK, Fajar Harianto Widodo, Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Pertamina Gas Negara, dan Hari Budi Sidarta, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis Pertamina Gas Negara.

Acara pengukuhan dimeriahkan oleh Paduan Suara Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta: Gempita Swara Bhineka Karya (GSBK) dan ditutup dengan doa bersama, foto bersama, dan ramah tamah.


 

Artikel Terkait
Implementasi Kebijakan IKN dalam Persfektif Sosial,Budaya dan Politik
Belajar Dari Desa Berkembang Lombok Timur, Politeknik STIA LAN Jakarta Rekomendasikan Kolaborasi Sister Village
Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id