INDONEWS.ID

  • Rabu, 15/11/2023 14:24 WIB
  • Kasal Pimpin Upacara HUT Ke 78 Korps Marinir

  • Oleh :
    • luska
Kasal Pimpin Upacara HUT Ke 78 Korps Marinir

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memimpin Upacara Militer Parade dan Defile Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut Tahun 2023 dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Koprs Marinir (Dankormar) dari Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, kepada Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir Kesatrian Marinir Harton Cilandak, Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supard
sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) sedangkan Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, SE, M.M., M.Tr(Han) akan menempati jabatan sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Dankodiklatal).

Upacara peringatan yang mengambil tema "Korps Marinir Yang Profesional, Tangguh dan Digdaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" ini melibatkan sedikitnya 3.500 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang terbagi menjadi 4 Satuan Setingkat Brigade. Tiap-tiap Brigade terdiri dari 3 Batalyon upacara, ditambah dengan Kompi bendera perang Kompi, Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Yon Taifib Marinir dan Denjaka, Taruna Marinir AAL serta satu Kompi Korps Musik Bertindak sebagai Komandan Upacara dalam kesempatan ini Kolonel Marinir Argo Setiyono yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri-2 Marinir.

Berbagai jenis kendaraan dan material tempur Korps Marinir terlibat dalam upacara antara lain Kendaraan Sub Skimer, PWC, ELSV, ATAV, Chamber, Searider, Tank BMP 3F, PT 76, BTR 4, BTR 50, Kapa K 61, LVT 7 A1, BV 2, RM 70 Grad, MLRS Vamoire, MLRS Nourinco, How 105, How 122, Twin Gun, Tatra Amo, Aligator, KIA, Rubican, Ransus, Reo, Liaz, Ranbeng, Ran Durlap, Opleger, Komob, Ambulance, Mobil Patwal, Motor Patwa, Mobil Ranger dan 13 unit Unimog dan masih banyak lagi alutsisa Korps Marinir yang akan tampil memeriahkan HUT Marinir dan Sertijab Dankormar.

Dalam rangka rangkaian memeriahkan HUT ke-78, Korps Marinir telah melaksanakan beberpa kegiatan diantaranya Lomba MTQ Korps Marinir, Lomba Volly Jalasemastri, Lomba Band Jalasenastri, Kejurnas Panahan Dankormar Cup, Enduro Competition, Taekwondo Kasal Cup, Lomba Menembak Kasal Cup, Rekor Muri Pengibaran Bendera Terbesar dengan penerjunan, Kejurnas MMA, Bedah Rumah, Donor Darah, Podcast Prajurit berprestasi, Ziarah secara serentak diseluruh jajaran Korps Marinir.

Kegiatan Rangkaian HUT Marinir Kali ini ditampilkan beberapa atraksi keterampilan prajurit antara lain Beladiri Korps Marinir (Chadrick), Memanah Jalasenastri, Kolone Pedang, Rampak Beduk, Drum Band Korps Marinir dan Defile Pasasukan dan Material.

Selama 78 tahun pengabdiannya, Korps Marinir selalu berupaya untuk menjadi kekuatan strategis yang handal dan dapat diandalkan oleh negara, menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tegaknya kewibawaan bangsa. Korps Marinir telah memberi harga mati dan jawaban pasti untuk selalu siap menghadapi setiap pihak yang ingin merongrong kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas