INDONEWS.ID

  • Kamis, 16/11/2023 18:35 WIB
  • Tingkatkan Daya Saing Inovasi di Sumsel, Kepala BSKDN: Kompetensi SDM dan Budaya Kerja Harus Jadi Perhatian

  • Oleh :
    • luska
Tingkatkan Daya Saing Inovasi di Sumsel, Kepala BSKDN: Kompetensi SDM dan Budaya Kerja Harus Jadi Perhatian

Palembang, INDONEWS.ID - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) perlu terus memperhatikan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan budaya kerja di wilayahnya. Hal ini terutama untuk meningkatkan daya saing inovasi di daerah tersebut.

Demikian disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait "Strategi Optimalisasi Penguatan Inovasi melalui One Day One Innovation". Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumsel pada Kamis, 16 November 2023. 

Baca juga : BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional

Dalam paparannya, Yusharto mengatakan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumsel perlu melakukan transformasi birokrasi agar inovasi daerah dapat berkembang secara maksimal. Transformasi birokrasi dapat diwujudkan melalui berbagai hal, satu di antaranya dengan memperbaiki budaya kerja terutama dalam pengambilan kebijakan yang harus berbasis bukti. 

"Kemendagri waktu mengambil kebijakan mau melonggarkan atau tidak PPKM pada saat Covid antara 2020 ke 2021 kemarin, kita melakukan survei terlebih dahulu dan bekerja sama dengan sejumlah universitas seperti Universitas Indonesia dan Universitas Andalas  yang didapati 91 persen masyarakat  itu sudah cukup kuat untuk menghadapi Covid 19," jelasnya. 

Baca juga : Kepala BPSDM Kemendagri Tekankan Pentingnya Kecerdasan Emosional Petugas Damkar dalam Melayani Masyarakat

Tidak hanya budaya kerja, untuk meningkatkan inovasi juga diperlukan SDM yang kompeten. Yusharto mengatakan, SDM yang unggul dapat dibangun melalui diklat, pelatihan, ataupun seminar yang akan meningkatkan kapasitas perangkat daerah.

Selain itu, penghargaan juga harus diberikan kepada perangkat daerah yang berkinerja baik. Menurutnya, langkah ini sangat tepat untuk memotivasi perangkat daerah agar semangat dalam meningkatkan kinerjanya. "Kalau dia (perangkat daerah) bagus diberi award, kalau dia kurang bagus dikasih semacam teguran  bahwa apa yang dilakukan kurang benar. Ini salah satu metodenya, ada banyak metode lain seperti pemberian motivasi," tambahnya. 

Baca juga : Plt. Sekjen Kemendagri Dorong Pemda Buat SOP Pengendalian Inflasi

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga mengapresiasi OPD di Sumsel yang telah banyak melakukan digitalisasi pelayanan publik. Hal ini seperti digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi yang semakin efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi robot. Dia berharap, inovasi demikian terus dikembangkan dan diterapkan dalam 32 urusan lainnya yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Kami harap setiap OPD dapat mengeluarkan inovasi jadi tidak memusat hanya soal urusan tertentu, lebih merata pada 32 urusan lainnya yang menjadi tanggungjawab daerah," ungkapnya. 

Yusharto juga mengingatkan agar kegiatan-kegiatan yang memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan inovasi di Sumsel terus ditingkatkan dan dikawal dengan baik pelaksanaanya. "Harus selalu ada kegiatan di setiap OPD yang dapat membangun kualitas inovasi dari sisi kematangannya, semakin tinggi kematangannya maka semakin tinggi nilai pengukurannya," pungkasnya.

Artikel Terkait
BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional
Kepala BPSDM Kemendagri Tekankan Pentingnya Kecerdasan Emosional Petugas Damkar dalam Melayani Masyarakat
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong Pemda Buat SOP Pengendalian Inflasi
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id