INDONEWS.ID

  • Selasa, 05/12/2023 21:45 WIB
  • Wujudkan Birokasi Kelas Dunia, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro Dukung Percepatan Reformasi Birokrasi di Daerah

  • Oleh :
    • Mancik
Wujudkan Birokasi Kelas Dunia, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro Dukung Percepatan Reformasi Birokrasi di Daerah
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro (Dok.Kemendagri)

INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mendorong pemerintah daerah (Pemda) mempercepat reformasi birokrasi.

Upaya ini merupakan salah satu langkah awal untuk mewujudkan sistem birokrasi kelas dunia pada 2024, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Lebih Tinggi Dibanding Kementerian/Lembaga Lain, Menteri PANRB Apresiasi Penguatan Reformasi Birokrasi BIN

"Pada bagian ini mungkin yang pertama saya ingin menyampaikan arahan Bapak Presiden kepada kita semua, bahwa Bapak Presiden menginginkan birokrasi kita ini direformasi untuk menjadi birokrasi kelas dunia," kata Suhajar saat mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada acara RBXperience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP, dan ZI Tahun 2023 di Kawasan Terpadu ITDC NW/1 Nusa Dua Bali, Selasa (5/12/2023).

Suhajar menambahkan, sistem birokrasi kelas dunia dapat terwujud dengan didukung sistem pelayanan yang bersih dan akuntabel. Dengan sistem seperti itu nantinya mampu melayani masyarakat dengan cepat dan profesional.

Baca juga : Menteri PANRB Apresiasi Kinerja BNPB Jalankan Reformasi Birokrasi

Selain itu, dirinya juga mencontohkan beberapa negara maju seperti Singapura yang berhasil menciptakan sistem birokrasi dengan dampak perubahan yang luar biasa.

"Birokrasi kelas dunia itu ya melihatnya negara yang sudah maju, misalnya Singapura, termasuk negara yang birokrasinya luar biasa perubahannya," imbuhnya.

Baca juga : Menteri Anas: Pj. Kepala Daerah Jadi Penggerak Lompatan Reformasi Birokrasi Berdampak

Dalam kesempatan itu, Suhajar juga menyoroti daerah yang berhasil mewujudkan birokrasi dengan baik salah satunya Kabupaten Banyuwangi.

Dirinya menuturkan di bawah kepemimpinan Abdullah Azwar Anas yang saat ini menjabat sebagai Menteri PAN-RB, Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten berprestasi dalam bidang pelayanan.

"Dulu pada saat Pak Azwar Anas menjadi bupati 2 tahun, karena saya ingat betul di awal dengan APBD yang terbatas, tapi jadi teratas, APBD yang kecil tapi menjadi luar biasa, karena itu Bapak Presiden mengingatkan kepada kita semua intinya pelayanan," ujarnya.

Di lain sisi, untuk mewujudkan birokasi kelas dunia, Suhajar juga menekankan pentingnya penyederhanaan birokrasi pada bidang perizinan, investasi, dan pelayanan publik. Pemda, lanjut Suhajar, harus profesional dan berintegritas tinggi serta mampu menyelenggarakan pelayanan optimal bagi masyarakat.

"Termasuk surat izin, tapi jangan diperlambat, dipermudah, apalagi yang berkaitan dengan investasi, jangan sampai sebuah izin tertunda berbulan-bulan itu yang dimaksud Bapak Presiden terjadi keterlambatan perizinan," pungkasnya.*

Artikel Terkait
Lebih Tinggi Dibanding Kementerian/Lembaga Lain, Menteri PANRB Apresiasi Penguatan Reformasi Birokrasi BIN
Menteri PANRB Apresiasi Kinerja BNPB Jalankan Reformasi Birokrasi
Menteri Anas: Pj. Kepala Daerah Jadi Penggerak Lompatan Reformasi Birokrasi Berdampak
Artikel Terkini
Perkuat Perencanaan Pembangunan, Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas