INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/12/2023 17:39 WIB
  • Pelindo berkontribusi bagi kemajuan pariwisata

  • Oleh :
    • luska
Pelindo berkontribusi bagi kemajuan pariwisata

Penulis:  Lufhty Mutty

Desa Adat Penglipuran kembali menggelar PENGLIPURAN VILLAGE FESTIVAL. Tema yg diusung kali ini adalah Bamboo Paradise Green Investment for Future Generation. Ini adalah festival tahunan yg ke 10. Acara ini turut hadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Bali, Bupati Bangli dan Dirut PT. Pelindo. Acaranya berlangsung di kawasan hutan bambu yg telah direvitalisasi melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pelindo Peduli.

Baca juga : Arus Balik, Pemerintah Terapkan WFH untuk ASN pada Selasa dan Rabu

Desa Adat Penglipuran adalah Desa Binaan PT. Pelindo sejak 2017. Dan telah dinobatkan sebagai salah satu Desa Wisata terbaik dunia versi The United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung kepada Kelian Desa Adat Penglipuran di Samarkhand, Uzbekistan pada bulan Oktober yg lalu. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran PT. Pelindo di Desa Adat Penglipuran telah memberi manfaat dalam konteks pengembangan destinasi wisata berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan kiranya apa yg dicapai oleh Desa Adat Penglipuran, dapat menjadi contoh dalam pengembangan pariwisata kita ke depan. Yakni dgn tetap menjaga kelestarian alam, memelihara budaya dan nilai2 kearifan lokal, dan terus melestarikan eksotisme keindahan alam. 
Sebalumnya, ditahun 2021, desa ini juga telah menerima Penghargaan Lingkungan, Kalpataru.

Apa yg dicapai oleh Desa Adat Penglipuran adalah bukti bahwa PT. Pelindo terus berinovasi dan ber-evolusi. Tidak sekedar mengejar keuntungan untuk kemajuan dan kebesaran Pelindo semata, tetapi lebih dari itu, PT. Pelindo telah menjadi perusahaan yg lebih peduli dgn pertumbuhan berkelanjutan. Yg kehadirannya juga  dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Ujar Luthfi Mutty dalam sambutannya selaku Komisaris PT. Pelindo.

Baca juga : Musim Mas Kembali Distribusikan Ribuan Paket Sembako Ramadan ke Ponpes di Jakarta dan Jawa Timur

Kehadiran PT. Pelindo di Penglipuran mendorong peningkatan kunjungan wisatawan sekitar 700%. Dari 123.000 kunjungan thn 2016 menjadi 830.000 hingga Oktober 2023. Dengan nilai nominal kontribusi terhadap PAD Kab. Bangli dari Rp 2,2 M thn 2016 meningkat  menjadi Rp 23 M tahun 2023. Mengalami peningkatan hampir 1000%. Hebatnya, 100% kontribusi PAD dari Desa Adat Penglipuran itu, dikembalikan ke penglipuran. Bahkan ditambah dgn berbagai pembangunan infrastruktur lainnya dari APBD Kab. Bangli.

Baca juga : Wujud Peduli Terhadap Kesehatan, Satgas Pamtas Yonif 726/Tml Bantu Pelayanan Posyandu Balita di Kampung Toray
Artikel Terkait
Arus Balik, Pemerintah Terapkan WFH untuk ASN pada Selasa dan Rabu
Musim Mas Kembali Distribusikan Ribuan Paket Sembako Ramadan ke Ponpes di Jakarta dan Jawa Timur
Wujud Peduli Terhadap Kesehatan, Satgas Pamtas Yonif 726/Tml Bantu Pelayanan Posyandu Balita di Kampung Toray
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas