INDONEWS.ID

  • Kamis, 14/12/2023 10:25 WIB
  • Lestarikan Budaya Bangsa, Jaya Plus Montessori School Gelar Pementasan Teater

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Lestarikan Budaya Bangsa, Jaya Plus Montessori School Gelar Pementasan Teater
Siswa/i Jaya Plus Montessori School gelar pementasan teater Sewidak Loro, Timun Mas, dan Jaka Tarub

Jakarta, INDONEWS.ID - Jaya Plus Montessori School menggelar pementasan teater di Lotte Mart Bintaro, Rabu (13/12/2023). Pementasan teater ini melibatkan para siswa Jaya Plus Montessori School, mulai dari TK, Special Education Vocation, SMP hingga SMA.

Ada tiga teater yang dipentaskan, yakni Sewidak Loro, Timun Mas, dan Jaka Tarub, yang keseluruhan dialognya menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, ada juga pementasan perkusi dari anak-anak Special Education Vocation (SEV) dan tarian dari anak-anak TK.

Kepala sekolah SMP Jaya Plus Montessori, Cicilia Susilawati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merawat budaya bangsa yang sarat dengan pesan-pesan moral.

"Mengangkat kembali cerita rakyat Indonesia dalam bentuk teater merupakan upaya menjaga kelestarian budaya bangsa. Disamping itu cerita rakyat Indonesia juga sarat dengan pesan-pesan moral," ungkapnya dalam keterangan yang diterima media ini, Kamis (14/12/23).

Melalui kegiatan ini, kata Cicilia, para siswa dapat memetik nilai dan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pentas teater ini juga diharapkan mampu menumbuhkan public speaking yang baik bagi anak-anak.

"Satu hal yang perlu menjadi harapan bersama adalah agar dalam kegiatan teater berikutnya, semua siswa terlibat," ungkapnya.

Sementara itu, kepala sekolah SMA Jaya Plus Montessori, Bambang W. Priyanto, mengaku puas dan bangga dengan penampilan siswa-siswinya. Ia berharap agar kegiatan ini menjadi agenda rutinitas yang berkelanjutan.

"Cerita rakyat Indonesia mesti terus dihidupkan melalui pementasan teater semacam ini supaya terjaga kelestariannya," kata Bambang.

Selain itu, nilai-nilai moral dari cerita rakyat tersebut bisa menumbuhkan perilaku dan moral yang baik bagi anak-anak.

"Life skill perlu dikembangkan melalui kegiatan seperti ini sehingga menjadi bekal bagi anak-anak ke depannya," tutur Bambang.

Naomi, siswa SMP yang juga merupakan salah satu pemeran teater tersebut menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan membangun kerja sama yang baik.

"Selama kegiatan ini, dari tahap latihan sampai pementasan pada hari ini, saya dilatih menjadi disiplin untuk menjalankan peran," ungkapnya.

"Selain itu, kerjasama yang baik antara siswa berjalan dengan cukup baik. Merasakan adanya kerjasama yang baik antar sesama siswa dan itu berjalan sangat baik. Harapannya kegiatan ini terus berlanjut," tandasnya.

Sementara itu, Flicka, siswa SMA yang juga merupakan salah satu pemain teater tersebut mengaku mendapatkan banyak pesan moral dari pementasan teater tersebut.

"Saya juga dapat mendapatkan nilai dan pesan moral dari cerita rakyat tersebut untuk selalu berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan orang tutupnya," ungkapnya.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id