INDONEWS.ID

  • Selasa, 23/01/2024 16:49 WIB
  • Ketua DWP Kemendagri Tekankan Pentingnya Pemeriksaan Kanker Serviks sejak Dini

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Ketua DWP Kemendagri Tekankan Pentingnya Pemeriksaan Kanker Serviks sejak Dini

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Guna memperingati Hari Kanker Sedunia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Prodia Health Care menggelar Seminar Kesehatan dan Pemeriksaan “Kanker Serviks”. Dalam sambutannya, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendagri Nani Suhajar Diantoro menekankan pentingnya pemeriksaan kanker serviks sejak dini.

"Angka harapan hidup penderita kanker serviks tergantung pada stadium yang dialaminya. Peluang penderita kanker serviks untuk sembuh akan lebih besar jika kondisi terdeteksi sejak dini," ujarnya di Aula lantai 3 Gedung F Kemendagri, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Dia menjelaskan, kanker merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali di dalam tubuh. “Pertumbuhan sel kanker tersebut biasanya terjadi pada satu organ tubuh tertentu mulai dari kulit, mata, paru-paru, hingga organ intim yang kita dikenal dengan penyakit kanker serviks," katanya.

Kanker serviks, lanjut Nani, merupakan penyakit berbahaya yang menyerang bagian leher rahim. Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021, kanker serviks menempati peringkat kedua setelah kanker payudara, yaitu sebanyak 36.633 kasus atau 17,2 persen dari seluruh kanker pada wanita.

Mengingat penyakit tersebut cukup berbahaya, Nani meminta kepada seluruh wanita di Indonesia untuk melakukan pemeriksaan dan pencegahan sedini mungkin. Kesadaran akan risiko penyakit kanker harus dimulai dari lingkup terkecil, mulai dari keluarga dan orang lingkungan sekitar.

"Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita untuk mengikuti dengan saksama seminar tentang kanker serviks dan melakukan pemeriksaan kanker serviks secara berkala," pungkasnya.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Perkuat Perencanaan Pembangunan, Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas