INDONEWS.ID

  • Rabu, 31/01/2024 12:49 WIB
  • PTPN IV Regional 4 Jambi, Setor Rp 301 Milyar Pajak

  • Oleh :
    • rio apricianditho
PTPN IV Regional 4 Jambi, Setor Rp 301 Milyar Pajak

Jambi, INDONEWS.ID - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 (eks PTPN 6) Jambi menyumbang keuangan negara dalam bentuk pajak. Tercatat dan terbayar hingga November 2023 PTPN IV Regional 4 menyetor pajak sebesar Rp 301 M PTPN IV Regional 4 juga menyumbangkan pendapatan ke Provinsi Jambi dan Sumbar dalam bentuk retribusi daerah senilai Rp 335 Juta dan PBB senilai 16,9 M. 

“Hingga akhir November 2023, kami telah membayar pajak ke negara Rp 301 M Ini belum termasuk setoran pajak bulan Desember 2023,” kata Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTPN IV Regional 4, Muhammad Ridwan.

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR

Selain pajak ke negara, tambah Ridwan pihaknya juga menyetor pajak retribusi daerah ke Pemerintah Provinsi Jambi. Sampai November 2023 total retribusi daerah yang telah disetor mencapai Rp 335 juta dan PBB disetor senilai Rp. 16,9 M. “Retribusi ini belum termasuk bulan Desember, tentu akan bertambah nilainya baik pajak ke negara maupun retribusi ke Pemerintah Provinsi,” katanya.

Menurut Ridwan, ada sekitar sembilan item pajak yang disetor sesuai dengan aturan perpajakan yang ada. Setoran terbesar ada pada pajak  PPH Masukan senilai 
Rp. 134 M dan pajak PPh Badan 25/29 senilai Rp. 104 M. 

Baca juga : PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo

Sementara untuk daerah dalam bentuk retribusi, kata Muhammad Ridwan, ada empat macam retribusi daerah yang ada. Terbesar pembayaran terdapat pada Retribusi Penerangan Jalan atau listrik mencapai Rp.122 Juta Sementara retribusi kendaraan bermotor mencapai Rp. 95 Juta serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai Rp. 16,9 M.

Muhammad Ridwan mengatakan, pembayan dan penghitungan pajak untuk negara dan retribusi untuk daerah dilakukan sesuai aturan perpajakan. Bagi PTPN IV Regional 4, pajak sangat penting dan merupakan bagian dari pendapatan negara yang akan digunakan untuk kelanjutan pembangunan sesuai arah dan kebijakan Pemerintah Pusat.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Artikel Terkait
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Peserta PSR
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Tingkatkan Daya Saing Daerah, Kepala BSKDN Ingatkan Pemkab Cianjur Pentingnya Berinovasi
Artikel Terkini
Penyelundupan 560 Liter BBM Subsidi Digagalkan Pos Siliwan Satgas Yonif 742/SWY di Perbatasan RI-RDTL
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas