INDONEWS.ID

  • Kamis, 01/02/2024 14:36 WIB
  • Apel Pengamanan Pemilu 2024

  • Oleh :
    • luska
Apel Pengamanan Pemilu 2024

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka mendukung pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Legislatif tahun 2024, TNI melaksanakan pengecekan personilnya dengan menggelar apel kekuatan personel dan material di lapangan Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (1/2/2024).

Apel Gelar kekuatan ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, di wilayah Kodam. Khusus di DKI Jakarta dilaksanakan di Taxy Way Echo Halim Perdanakusuma, dengan Irup Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, S.H.

Baca juga : Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni

Apel gelar kekuatan ini hadir disaksikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad,  Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal Laksamana TNI Muhamad Ali dan petinggi TNI lainnya.

Pada Apel gelar kekuatan ini, hal yang menjadi pengecekan diantaranya, jumlah kekuatan TNI dan alutsista yang dilibatkan, kelengkapan personel yang digunakan mulai dari seragam pakaian, alat PHH yang gunakan, termasuk kesiapan/pemahaman anggota tentang tugas pelibatannya dalam menangani masalah di lapangan selama pelaksanakan pemilu.

Baca juga : Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024

Sedangkan kekuatan personel TNI yang dilibatkan pada Pengamanan Pemilu jumlah 446.219 personel tergelar di seluruh wilayah Indonesia. Diantaranya Satuan Setingkat Kompi Puspom TNI, Babin (Bintara Pembina) TNI, Batalyon Kostrad, Batalyon Brigif 1/Pik, Batalyon gabungan Armed dan Arhanud dan Batalyon Marinir, Batalyon Kopasgat, Korsik dari Ajendam Jaya.

Selain gelar pasukan, Panglima TNI dan para Pejabat Utama TNI juga menyaksikan Demonstrasi penanganan huru-hara dan pemeriksaan kesiapan pasukan. Hal yang menjadi perhatian diantaranya, jumlah personel dan Alutsista yang dilibatkan, kelengkapan personel mulai dari seragam, alat Penanggulangan Huru-Hara (PHH), serta kesiapan/pemahaman anggota tentang tugas pelibatannya dalam menangani masalah di lapangan selama pelaksanakan pemilu.

Baca juga : Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan
Artikel Terkait
Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni
Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024
Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas