INDONEWS.ID

  • Kamis, 29/02/2024 17:54 WIB
  • HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

  • Oleh :
    • luska
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

Jakarta, INDONEWS.ID – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Kusworo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Basarnas di lapangan Kantor Pusat Basarnas, Jl. Angkasa Blok B 15 Kav. 2-3, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024) siang pukul 14.00 WIB. Upacara diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Pusat Basarnas beserta perwakilan sejumlah Potensi SAR.

“Selama setengah abad lebih, Basarnas telah menunjukkan dedikasi dan kapabilitasnya sebagai lembaga yang menyelenggaraan urusan pemerintah di bidang penyelenggaraan SAR, baik di dalam maupun di luar negeri,” tegasnya. 

Pada peringatan tahun ini, jelas Kabasarnas, dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi marwah atau makna dari ulang tahun itu sendiri. 

“Dinamika yang dialami Basarnas yang identic dengan korps baju orange ini tentu sudah begitu banyak. Dari generasi ke generasi. Yang pasti, dengan tema tahun ini “Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa”, kami berharap Basarnas dapat memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat secara optimal. Basarnas harus lebih baik dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dijelaskan, makna dari tema “quick action” pada tema HUT tersebut adalah kecepatan dalam penyelenggaraan SAR. 

“Basarnas harus cepat, tepat, dan terukur sesuai standart operating procedure yang ada. Semakin cepat kita bergerak, maka kemungkinan dapat menyelamatkan nyawa korban akan semakin tinggi,” tuturnya.

Sedangkan “satu jiwa satu rasa” adalah semangat kebersamaan baik di internal Basarnas maupun dengan Potensi SAR yang mendukung tugas-tugas Basarnas. 

“Kerja sama dan kolaborasi dalam operasi SAR itu mutlak di perlukan. Tugas SAR identic dengan misi kemanusiaan. Karena itu, insan SAR harus mampu mengimplementasikan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas,” pungkasnya.
Rangkaian HUT Basarnas tahun ini diwarnai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya kegiatan rapat kerja nasional, bhakti social berupa donor darah dan pemberian santunan, penganugerahan penilaian kinerja kepada unit pelaksana teknis (kantor SAR), berbagai perlombaan internal, upacara, dan diakhiri tasyakuran. 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas