INDONEWS.ID

  • Kamis, 14/03/2024 22:01 WIB
  • Lebih Tinggi Dibanding Kementerian/Lembaga Lain, Menteri PANRB Apresiasi Penguatan Reformasi Birokrasi BIN

  • Oleh :
    • very
Lebih Tinggi Dibanding Kementerian/Lembaga Lain, Menteri PANRB Apresiasi Penguatan Reformasi Birokrasi BIN
MenPANRB Abdullah Azwar Anas saat bertemu dengan Kepala BIN Budi Gunawan di Kantor BIN, Kamis (14/03). (Foto: Humas MenPANRB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Badan Intelijen Negara (BIN) atas kenaikan indeks reformasi birokrasi (RB) serta nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Capaian positif ini merupakan bukti komitmen jajaran BIN untuk terus berbenah dan menciptakan birokrasi yang lincah.

"Jadi luar biasa transformasi BIN terkait RB. Meskipun bidang kerjanya banyak terkait kerahasiaan negara, proses RBnya jalan terus," ujar Anas saat bertemu dengan Kepala BIN Budi Gunawan di Kantor BIN, Kamis (14/03).

Baca juga : Kunjungi Sulsel, Menteri AHY Lari Pagi Bersama Komunitas Lari Makassar

Seperti dikutip dari siaran pers Humas MENPANRB, Anas menjelaskan nilai Indeks RB BIN pada tahun 2023 kategori A atau memuaskan. Nilai ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya serta lebih tinggi dibanding nilai rata-rata RB kementerian/lembaga.

Tidak hanya dari sisi RB, BIN juga dinilai sukses mendorong akuntabilitas kinerja yang terus mengalami perkembangan positif.

Baca juga : Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin

Pada tahun 2023, nilai SAKIP BIN berada pada kategori BB (Sangat Baik). Nilai ini lebih tinggi dibanding nilai rata-rata SAKIP kementerian/lembaga secara nasional.

Mantan Kepala LKPP ini juga menyoroti upaya BIN dalam membangun Zona Integritas. Sepanjang tahun 2018 hingga 2023, terdapat lima unit BIN yang diusulkan untuk memperoleh predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Hasilnya, tiga unit kerja BIN berhasil memperoleh predikat WBK.

Baca juga : Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta

Selain membahas RB, Menteri Anas juga menyoroti peluang keterlibatan BIN dalam transformasi digital yang tengah dikerjakan pemerintah. Beberapa waktu lalu, Anas bersama Wakil Kepala BIN I Nyoman Cantiasa bertemu untuk membahas hal tersebut.

"Kita mengapresiasi terobosan yang BIN kerjakan, semoga tata kelola dan proses bisnisnya akan semakin terdigitalisasi dengan baik. Saya memahami banyak informasi yang harus BIN jaga karena terkait rahasia dan keamanan, tapi semoga akan ada inovasi dan pengembangan kerja-kerja BIN dengan digitalisasi ke depan," ujar Anas.

Artikel Terkait
Kunjungi Sulsel, Menteri AHY Lari Pagi Bersama Komunitas Lari Makassar
Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Artikel Terkini
Kunjungi Sulsel, Menteri AHY Lari Pagi Bersama Komunitas Lari Makassar
Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas