INDONEWS.ID

  • Sabtu, 30/03/2024 23:07 WIB
  • Garda Oto Ajak Komunitas Mobil Sosialisasi Mudik dengan Eco Driving di Rumah Sarwono

  • Oleh :
    • karim
Garda Oto Ajak Komunitas Mobil Sosialisasi Mudik dengan Eco Driving di Rumah Sarwono
Garda Oto Ajak Komunitas Mobil Sosialisasi Mudik dengan Eco Driving di Rumah Sarwono.

Jakarta, INDONEWS.ID - Di Indonesia, mudik sudah menjadi tradisi tahunan menjelang hari raya besar keagamaan seperti Lebaran bagi masyarakat guna dapat pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Menyongsong perayaan tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik pada periode Hari Raya Idulfitri mencapai 193,6 juta orang. Perkiraan itu naik dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang. Dengan meningkatnya jumlah pemudik, setiap pengendara diharapkan dapat memperhatikan keselamatan berkendara agar tetap aman dan nyaman untuk dirinya dan pengendara lain di perjalanan.

Dalam upaya mendukung keselamatan berkendara, Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, aktif memberikan literasi dan edukasi akan pentingnya berkendara dengan aman. Hal ini sejalan dengan kampanye #AlwaysDriveSafely yang digelar dalam Car Community Gathering, OtomoTALKS; #LangkahSederhana Terapkan Eco Driving Saat Mudik. Kegiatan ini melibatkan para komunitas mobil dan berlangsung di Rumah Sarwono, Pasar Minggu (30/3).

Baca juga : Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional

Pada sesi sharing pertama OtomoTALKS, Garda Oto memberikan edukasi safety driving khususnya bagi para komunitas yang ingin melakukan mudik. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan pentingnya melakukan persiapan yang baik sebelum berkendara untuk mudik, termasuk inspeksi kendaraan dan manajemen stres saat perjalanan. Selain itu, pentingnya penggunaan teknik eco driving untuk berkendara efisien dengan menghemat bahan bakar juga ditekankan. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, teknik eco driving dapat menghemat pemakaian bahan bakar hingga 10-15%.

"Selain menerapkan safety hingga eco driving, para pengendara juga tetap harus memberikan perlindungan asuransi terhadap mobilnya guna memitigasi risiko atas kerugian yang tidak dapat diprediksi atau tidak diinginkan terjadi," kata Sony.

Baca juga : PNM Gelar Mudik Gratis Bantu Karyawan dan Nasabah Pulang Kampung

Pada sesi kedua, Head of PR & Activation Asuransi Astra, Angela Anindita, menjelaskan bagi pelanggan Garda Oto yang ingin melakukan klaim selama periode mudik tidak perlu khawatir. Layanan Garda Center dari Garda Oto tetap buka mengikuti jam operasional mall. Angela menghimbau untuk memastikan kelengkapan dokumen klaim agar proses klaim berjalan lancar.

Selain itu, OtomoTALKS juga mengadakan Car Community Mudik Safety Challenge “How Safety Are You?”, mengajak komunitas untuk memperluas edukasi keselamatan berkendara. Melalui challenge ini, komunitas dapat mengunggah tips mudik aman dan memperkaya pengetahuan keselamatan berkendara. Garda Oto juga menghadirkan booth aktivasi sebagai bagian dari literasi dan pengenalan produk dan layanan mereka melalui games berhadiah yang menarik.

Baca juga : Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, PNM Fasilitasi Ratusan Karyawan dan Nasabah

"Melalui eco driving, kita tidak hanya mengurangi polusi udara tetapi juga menciptakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang saat berkendara. Dengan demikian, diharapkan momen mudik Lebaran tahun ini dapat dilangsungkan dengan damai sehingga lebih bermakna dan penuh manfaat," tutup Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

OtomoTALKS; #LangkahSederhana Terapkan Eco Driving Saat Mudik merupakan acara Car Community Gathering yang diselenggarakan oleh Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, dalam rangka mendukung kampanye kehumasan #LangkahSederhana yang menekankan pentingnya mengatasi perubahan iklim. Adapun informasi lebih lanjut terkait kampanye ini dapat diperoleh melalui akun Instagram @asuransiastra.

Artikel Terkait
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
PNM Gelar Mudik Gratis Bantu Karyawan dan Nasabah Pulang Kampung
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, PNM Fasilitasi Ratusan Karyawan dan Nasabah
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas