INDONEWS.ID

  • Minggu, 28/04/2024 07:33 WIB
  • Karya Sastra Puisi Indonesia dan Kazakhstan

  • Oleh :
    • luska
Karya Sastra Puisi Indonesia dan Kazakhstan

Astana, INDONEWS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional yang bertepatan dengan 75 tahun wafatnya Chairil Anwar, serta World Book Day pada tanggal 23 April dan 179 tahun lahirnya penyair terbesar Kazakhstan, Abai Kunanbaev pada 10 Agustus, KBRI Astana berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional dan Asosiasi Avangard di Astana dalam perhelatan International Poets of Kazakhstan and Indonesia “Land of a Thousand Island”. 

Persembahan Puisi semakin semarak dengan berpartisipasinya Duta Besar RI Astana, Dr. M. Fadjroel Rachman, Poetry Reading Society of Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., MSc. (Universitas Indonesia), Institut Nalar Jatinangor (Jawa Barat), Hikmat Gumelar dan Komunitas Budaya Mingguraya (Kalimantan Selatan), Hudan Nur.

Baca juga : Diplomasi Pentahelix: KBRI Astana Membawa Delegasi Bisnis dan Media Kazakhstan ke Labuan Bajo dan Bali

Sebanyak 60 partisipan dari kalangan pecinta sastra Kazakhstan turut hadir memadati Perpustakaan Nasional dan dari Head of International Literature Departement of the National Academic Library of the Republic of Kazakhstan, Mrs. Salikova Elmira, serta Director of the Department of Partnership and MICE, Mrs. Kalmurzaeva Dana, yang mengapresiasi keseluruhan acara sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kazakhstan melalui budaya, khususnya karya sastra puisi.

Selain pembacaan Puisi, acara juga menampilkan penampilan budaya berupa lagu dan tari, Instrumentalis gitar dan biola oleh Sabit Azimzhanov dan Mira Azimzhanova dari Kazakhstan serta penampilan tari Nusantara oleh tim tari Pusat Budaya Indonesia di Astana turut memeriahkan acara ini.

Baca juga : Kazakhstan Menjadi Kiblat Pencak Silat di Asia Tengah dan Eurasia

KBRI Astana berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan citra positif Indonesia di negara akreditasi. Kolaborasi sastra antara kedua negara akan terus ditingkatkan untuk memperkuat pemahaman lintas budaya dan memperluas jangkauan karya sastra.

 

Baca juga : Menulis Puisi Adalah Olah Diksi
Artikel Terkait
Diplomasi Pentahelix: KBRI Astana Membawa Delegasi Bisnis dan Media Kazakhstan ke Labuan Bajo dan Bali
Kazakhstan Menjadi Kiblat Pencak Silat di Asia Tengah dan Eurasia
Menulis Puisi Adalah Olah Diksi
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas