INDONEWS.ID

  • Minggu, 05/05/2024 11:40 WIB
  • Upaya Pendekatan Pemda Maybrat Berhasil, Pelaku Pemanahb Koramil Akhirnya Menyerahkan Diri

  • Oleh :
    • luska
Upaya Pendekatan Pemda Maybrat Berhasil, Pelaku Pemanahb Koramil Akhirnya Menyerahkan Diri

Maybrat, INDONEWS.ID - Setahun lebih melarikan diri ke hutan, Jefry Sufi akhirnya menyerahkan diri dan menyatakan siap bergabung bersama pemerintah dan masyarakat di NKRI. 

Berdasarkan informasi, Jefri adalah pemuda biasa yang sempat dikabarkan melepaskan busur atau anak panah ke kantor Koramil Aifat di Kumurkek lantaran dipicu alkohol tinggi. Kejadian ini terjadi pada awal tahun 2023 silam. 

Baca juga : Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan

Jefry dijemput tokoh masyarakat dan tokoh intelektual Aifat Timur Raya, dan diantar ke pos satgas pamtas kewilayahan yonif 623/BWU di Kumurkek, Ibukota Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, pada Minggu, 5 Mey 2024, pukul 7:00 pagi WIT. 

Kehadiran mereka disambut hangat oleh Dansatgas Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra didampingi Danramil Aifat Letda Gufron Banu Hidayat dan jajaran TNI di pos setempat. 

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Jefry saat dimintai keterangan mengakui pernah melakukan aksi tersebut ke kantor koramil Aifat karena mabuk. Dia kemudian  melarikan diri ke hutan untuk perlindungan diri karena merasa takut. 

"Saat itu saya tidak sengaja untuk melakukan hal itu tapi karena mabuk, lalu mau tinggal tapi karena takut terpaksa saya lari ke hutan, tinggal di hutan tapi tidak nyaman sehingga saya bawa diri kesini untuk melapor bahwa saya kembali dan tidak ada niat untuk ke kembali ke hutan lagi," kata Jefry di Pos satgas pamtas kewilayahan yonif 623/BWU di Kumurkek. 

Baca juga : Bupati Maybrat Sambut Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (KABINDA) Papua Barat

Tokoh intelektual Aifat Timur Raya Manfred Mate dan Zakeus Momao menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI pos satgas yonif 623/BWU yang sudah menerima kehadiran mereka bersama Jefry. 

Manfred menyebut, Jefry adalah anak yang baik, namun dipengaruhi alkohol sehingga sedikit berulah pada waktu itu. 

"Dia hanya ingin menyelamatkan diri itu yang sementara pergi tinggal di hutan, dia ini anak yang baik sebenarnya," ucapnya. 

Selama di hutan, kata Manfred, Jefry memang sempat bertemu dengan anggota organisasi Papua Merdeka (OPM) karena merasa sendiri, namun tidak pernah terlibat dalam merencanakan kejahatan apapun. 

"Sehingga hari ini dia benar-benar kembali, dia sudah tidak ada niat apa-apa dan hanya mau kembali ke pemerintah NKRI," katanya. 

Manfred berharap kepada aparat keamanan untuk mengedepankan asas kemanusiaan terhadap Jefry terkait dengan proses hukum atau tindakan apapun yang hendak diambil.

Sementara, atas nama orang tua, Falen Sedik mengaku selalu aktif berkomunikasi dengan pihak aparat TNI Polri maupun Jefry sendiri agar segera kembali. 

"Bapak sudah pastikan semua ini sehingga melapor ke pemerintah untuk dia segera keluar, Bapak atas nama orang tua, bapak mau dia harus pulang karena tanggung jawab istri dan anaknya juga cukup berat dan bapak tidak sanggup," tegasnya. 

Saat ini Jefri berada di Pos satgas pamtas kewilayahan yonif 623/BWU di Kumurkek untuk penanganan hukum selanjutnya.

Artikel Terkait
Evaluasi Penanganan Pengungsi di Maybrat Menunjukkan Kemajuan Signifikan
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Bupati Maybrat Sambut Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (KABINDA) Papua Barat
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas