INDONEWS.ID

  • Sabtu, 18/05/2024 10:46 WIB
  • Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN

  • Oleh :
    • very
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Ketua LP3KN, Muliawan Margadana yang baru menerima ucapan selamat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jakarta (Kamis, 16/05/2024). (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Paus Fransiskus akan tiba di Indonesia pada Bulan September 2024.

Pernyataan ini disampaikan dalam acara “Launching Pelaksanaan Program Strategis Menteri Agama bagi Masyarakat Katolik pada Wilayah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

Baca juga : Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024

Acara yang diadakan di ruang Sidang Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Jalan Cut Meutiah, Jakarta, (Kamis 16/5). Hadir dalam acara ini Menteri Agama, Dirjen Bimas Katolik bersama para pembimas, para waligereja Indonesia, Sekjen Kementerian Sosial, tokoh-tokoh Katolik, Ormas Katolik, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menteri Agama menyampaikan rencana kedatangan Paus Fansiskus ke Indonesia sudah disampaikan cukup lama, namun karena pandemi Covid-19 di tunda hingga tahun 2024.

Baca juga : Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka

Kementerian Agama dan KWI, katanya, akan menyiapkan kunjungan Paus dengan membentuk panitia. Kunjungan Paus sebagai lawatan perdamaian kepada beberapa negara Asia pasifik.

Sementara Ketua KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC dalam sambutannya merasa senang karena Menag adalah Menteri pertama yang hadir di Gedung KWI yang baru diberkati dan diresmikan. 

Baca juga : Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran

Menurutnya hal itu adalah pertanda baik. “Dengan kehadiran Menteri agama, ada kerjasama yang erat antara pemerintah dan Gereja Katolik. Dengan melaunching beberapa program strategis, kami berharap program-program tersebut benar-benar berdayaguna untuk umat Katolik,” ujarnya.

Pada launching tersebut, Menteri Agama menyerahkan KMA 427 tahun 2024 tentang Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional periode 2023-2027 kepada Muliawan Margadana sebagai Ketua Umum LP3KN periode 2023-2027.

Penyerahan SK LP3KN ini juga bersamaan dengan penyerahan dokumen izin pendirian SMA Katolik di Purwokerto dan Toraja dan launching 7 layanan berbasis online untuk umat Katolik yang sudah bisa diakses di aplikasi Pusaka Kemenag.

Muliawan menyampaikan bahwa mewakili seluruh pengurus LP3KN berterima kasih kepada Menag RI Gus Yaqut dan Ketua KWI Mgr. Subianto yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin lembaga ini.

Apresiasi yang tinggi kepada Dirjen Bimas Katolik, Suparman dengan terobosan-terobosan program nyata bagi Umat Katolik berupa pembangunan gereja, Alkitab braile, pemberian 42 motor bagi para Penyuluh Katolik di daerah 3T hingga kehadiran pemerintah semakin di rasakan oleh masyarakat umumnya dan umat Katolik khususnya.

Kedepan optimis akan meningkatkan kerjasama dengan Dirjen Bimas Katolik, KWI serta LP3KD untuk semakin meningkatkan penyelenggaraan Pesparani. Selain itu LP3KN juga akan terus menanamkan nilai-nilai iman Kristiani dan rasa cinta tanah air melalui seni budaya dan kegiatan kerasulan awam serta bela rasa.

LP3KN dan LP3KD seluruh Indonesia juga bersuka cita atas informasi Menteri Agama bahwa Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostoliknya ke Indonesia, serta siap menyambut serta mendukung kedatangan Bapa Suci Paus Fransiskus. ***

Artikel Terkait
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Artikel Terkini
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
PNM Peduli Ajak Generasi Muda Aktif dalam Kegiatan Sosial
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id