INDONEWS.ID

  • Selasa, 13/06/2017 20:18 WIB
  • BMKG dan ITERA Kerjasama Bangun Laboratorium Penelitian MKG

  • Oleh :
    • Abdi Lisa
BMKG dan ITERA Kerjasama Bangun Laboratorium Penelitian MKG
Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng didampingi Rektor ITERA, Prof Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc. PhD saat jumpa pers di kantornya Selasa (13/6/2017)
Jakarta, INDONEWS.ID – Untuk mengembangkan program studi Sain Atmosfer dan Keplanetan pada Institut teknologi Sumatera (ITERA), pihak ITERA mengandeng Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menurut Kepala BMKG Dr Andi Eka Sakya,bentuk kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan pihak ITERA adalah dengan membangun Laboratorium Penelitian Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (MKG) dilahan seluas 2 Ha. “Laboratorium itu nantinya akan menjadi bagian dari sarana belajar mengajar di ITERA dan sekaligus sebagai temapat pengamatan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika untuk kawasan Sumatera,” kata Andi kepada wartawan di gedung BMKG, Selasa (13/6/2017) Lebih lanjut Eka menjelaskan, Laboratorium ini akan di desain dan menggunakan peralatan pengamatan MKG sesuai dengan standar yang ditetapkan badan meteorologi dunia (MWO). Andi Eka berharap agar nantinya kerjasama yang terjalin antara BMKG dengan ITERA bisa menjadi peluang untuk menjawab persoalan yang berkaitan dengan perubahan iklim dan bencana, selain itu melalui kerjasama ini diharapkan bisa menjadi Sharing Knowledge dalam kegiatan penelitian yang hasil penelitiannya dapat dikembangkan dan nantinya dapat bermanfaat bagi generasi masa depan untuk melakukan penelitian di bidang cuaca dan iklim. "Dengan adanya kerjasama antara BMKG dengan ITERA, percepatan proses diseminasi terkait cuaca, iklim dan gempa kepada masyarakat bisa lebih cepat, sekaligus bisa menjadi kontribusi yang berkelanjutan terhadap penanganan bencana yang selama ini terjadi serta dapat meningkatkan keakurasian dan kualitas data dalam memprediksi cuaca dan iklim." lanjut Andi Eka. Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama BMKG, Dr. Widada Sulistya, DEA melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang diwakili oleh wakil rektor ITERA, Prof Dr. Sukrasno, M.S. Penandatangan kerja sama ini merupakan tindaklanjut dari perjanjian pelaksanaan kerja sama (PKS) yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng dengan Rektor ITERA, Prof Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc. PhD pada 6 Oktober 2016 lalu. (hdr)
Artikel Terkait
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas