INDONEWS.ID

  • Rabu, 30/08/2017 17:54 WIB
  • Sidang MK Perppu Ormas, Mendagri Tayangkan Video Kegiatan HTI

  • Oleh :
    • luska
Sidang MK Perppu Ormas, Mendagri Tayangkan Video Kegiatan HTI
Sidang MK.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai saksi dari pemerintah dalam sidang lanjutan pengujian materil dan formil Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tantang Organisasi Kemasyarakatan atau Perppu Ormas, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menayangkan video muktamar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penanyangan video tersebut sebelumnya telah disetujui oleh Ketua MK, Arief Hidayat. Video kegiatan anggota HTI yang berdurasi 20 menit ini memperlihatkan kader HTI memenuhi Stadion Gelora Bung Karno.

Baca juga : Peserta Kegiatan Keagamaan Tebet-Petamburan Diminta Tes Covid dan Isolasi Mandiri

Dalam orasi di GBK pihak HTI meminta kadernya meninggalkan sistem pemerintah selain yang diatur oleh Islam.

"Tinggalkan seluruh hukum dan sistem jahiliah dan tegakkan syariat Islam saja. Kedua, ubah kekuasaan yang sekarang ini berada di tangan pemilik modal menjadi di tangan kita, di tangan umat. Arahan perubahan ketiga, hancurkan sekat-sekat nasionalisme yang memecah belah kita semua," kata petinggi HTI dalam orasinya, yang tergambar dalam video tersebut.

Baca juga : IPDN-Kemendagri Gelar Sosialisasi UU Cipta Kerja di 6 Kampus

Tayangan video yang sempat membuat galau HTI, melalui kuasa hukum mantan jubir HTI Ismail Yusanto, Yusril Ihza Mahendra, mempertanyakan motif Tjahjo memutar video HTI tersebut. Yusril menuduh Tjahjo melakukan propaganda dalam sidang yang dilaksanakan hari ini.

"Saudara Mendagri apa motif dan relevansi Anda menayangkan muktamar HTI di sidang ini. Kita tahu ini sidang pengujian Undang-Undang, bukan sidang pidana. Kalau mau mengajukan bukti ada tempatnya nanti. Tapi kenapa harus menayangkan sebelum sidang. Apa mau propaganda sesuatu yang tidak disenangi pemerintah atau apa. Kedua, kenapa majelis mengizinkan ditayangkan video itu di sidang " tanya Yusril kepada Tjahjo.

Baca juga : Demi Netralitas ASN di Pilkada, Mendagri Tolak 4.156 Usulan Mutasi

Protes Yusril kemudian langsung disambut oleh Arief dengan memberikan alasan mengizinkan untuk menayangkan video muktamar HTI di sidang. MK menilai tanyangan video tersebut adalah bagian yang akan disampaikan oleh pemerintah.(Lka)

Artikel Terkait
Peserta Kegiatan Keagamaan Tebet-Petamburan Diminta Tes Covid dan Isolasi Mandiri
IPDN-Kemendagri Gelar Sosialisasi UU Cipta Kerja di 6 Kampus
Demi Netralitas ASN di Pilkada, Mendagri Tolak 4.156 Usulan Mutasi
Artikel Terkini
Pasmar 1 Terima Kunjungan Kerja Wakil Ketua DPD RI
Pemprov DKI Diminta Respon Cepat Rencana Pedagang Daging Mogok Jualan
Menyoal Bencana Banjir dan Tanah Longsor Awal Tahun 2021
Hilang Secara Misterius, Jack Ma Akhirnya Muncul
TNI AL Berangkatkan KRI Teluk Cirebon 543 Bawa Bahan Bantuan ke Sulbar
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir