INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/09/2017 20:46 WIB
  • Pelibatan TNI AD Dalam Ketahanan Pangan Berdampak Meningkatnya Hasil Panen

  • Oleh :
    • luska
Pelibatan TNI AD Dalam Ketahanan Pangan Berdampak Meningkatnya Hasil Panen
Coffe Morning Kadispenad dengan wartawan.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Aster Kasad Mayjen TNI Widagdo Hendro Sukoco menjelaskan pelibatan TNI AD dalam progam ketahanan pangan yang salah satunya upaya khusus (UPSUS) ini mempunyai kemajuan dalam hasil panen.

Kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian ini memiliki dasar, dan juga merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga : Harmoni dalam Keberagaman, Perlunya Revitalisasi Tenggang Rasa dalam Masyarakat

Pelibatan TNI dalam memajukan pertanian ini seperti penyuluhan, pembangunan infrastruktur, pencetakan sawah, distribusi alat mesin pertanian, sampai pada penyerapan distribusi. Hal teresbut dikatakan Mayjen Widagdo kepada wartawan di Dinas Penerangan TNI AD Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Pria yang pernah menjabat sebagai Staf Ahli Kasad pada tahun 2013 ini mengatakan TNI dalam tugasnya memiliki doktrin dan didalam doktrin itu, TNI punya 2 fungsi didalam tugasnya, pertama adalah fungsi pertempuran dan kedua adalah fungsi teritorial. Pada sisi pertanian ini, TNI mengambil tugas pada fungsi teritorial di mana dalam pembinaan teritorial, TNI melakukan pembinaan ketahanan wilayah dan ketahanan pangan ini masuk dalam salah satu aspek itu, ketahanan ekonomi.

Baca juga : Gelar Dharma Santi Nyepi BUMN 2024, Deputi: Keragaman Adalah Kekuatan dalam Mereformasi BUMN

Dalam menjalankan tugasnya di dalam memajukan swasembada pangan TNI tidak mengabaikan tugasnya kesiapsiagaan opersional satuan-satuan TNI AD, karena TNI AD dibantu oleh Babinsa yang terlebih dahulu dilatih dan diberikan pembelajaran soal ketahanan pangan.

Pembinaan wilayah melalui pembinaan ketahanan pangan dilakukan oleh Babinsa dengan para petani. Dalam melaksanakan tugas-tugas keseharian Babinsa yang dielaborasi dengan program-program dari kementerian pertahanan.

Baca juga : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Widagdo kembali menegaskan keterlibatan TNI di pertanian datang langsung dari Presiden Jokowi kepada Panglima TNI. Ini terkait dengan target swasembada pangan yang menjadi nawacita pemerintahan Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. (Lka)

Artikel Terkait
Harmoni dalam Keberagaman, Perlunya Revitalisasi Tenggang Rasa dalam Masyarakat
Gelar Dharma Santi Nyepi BUMN 2024, Deputi: Keragaman Adalah Kekuatan dalam Mereformasi BUMN
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas