INDONEWS.ID

  • Rabu, 20/09/2017 22:39 WIB
  • Sejumlah Tokoh Nasional dan Daerah Ikuti Kirab Pura Mangkunegaran

  • Oleh :
    • hendro
Sejumlah Tokoh Nasional dan Daerah Ikuti Kirab Pura Mangkunegaran
Sejumlah Tokoh Nasional dan daerah seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Walikota Solo FX Rudi ikuti kirab Pura Mangkunegaran.

Surakarta, INDONEWS.ID- Sebagai tanda syukur akan datangnya Tahun Baru Islam ( bulan Muharram 1439 Hijriah) atau malam 1 suro,  Pura Mangkunegaran Surakarta menggelar acara kirab pusaka dan tapa bisu mengelilingi areal Istana Mangkunegaraan, Kamis (20/9/2017)malam.

 Dari pantauan INDONEWS, acara yang digelar pada pukul 19.30 wib nampak berjalan hikmat. Guna menjaga kekhusukan ritual kirab pusaka dan `tapa bisu` mubeng beteng, masyarakat yang tinggal seputaran areal Istana Mangkunegaran yang dilewati kirab untuk mematikan lampu penerangan jalan selama kirab malam satu suro.

Baca juga : Sambut Malam 1 Suro, Ganjar dan Gibran Ikut Kirab Pusaka Dalem Pura Mangkunegaran

Sejak beberapa tahun terakhir ini, Pura Mangkunegaran juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam kirab pusaka, dan semedi tengah malam dalam menyambut 1439 HY. Ritual semedi yang dulu hanya dilakukan  kerabat Mangkunegaran. Sekarang, dilakukan terbuka untuk umum. Hanya saja, masyarakat yang ingin mengikuti prosesi ini harus mengenakan busana Jawa.

Tidak terkecuali, dalam acara kali ini, nampak diikuti sejumlah para tokoh nasional  hingga daerah itu seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Walikota Solo FX Rudi.(hdr)

Artikel Terkait
Sambut Malam 1 Suro, Ganjar dan Gibran Ikut Kirab Pusaka Dalem Pura Mangkunegaran
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas