INDONEWS.ID

  • Kamis, 02/11/2017 08:07 WIB
  • Putri Presiden Joko Widodo Memakai Gaya Rias Solo Putri

  • Oleh :
    • luska
Putri Presiden Joko Widodo Memakai Gaya Rias Solo Putri
Ny. H.S. Soemaryono. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk perias senior Endang Soendari Soemaryono yang akrab disapa Ny. H.S. Soemaryono sebagai salah satu diantara lima perias pengantin putri mereka, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, pada 8 November mendatang.

Perias berusia 80 tahun ini akan merias wajah kedua mempelai mulai dari prosesi siraman, malem midodareni, ijab panggih atau akad nikah, hingga resepsi.

Baca juga : 24 WNI Program Repatriasi Mandiri dari Papua Nugini Tiba Tanah Air

Prosesi siraman dan malam midodareni pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bakal dilaksanakan pada Selasa (7/11/2017). Sedangkan prosesi akad nikah dan resepsi akan digelar pada Rabu (8/11).

Pemilik Rias Cempaka Sari itu hanya bertugas merias, tidak sampai diminta menyediakan busana pengantin. Busana pengantin disediakan pihak lain.

“Saya mendapatkan amanah dari Bapak Jokowi dan Ibu Iriana. Saya diberi amanah untuk merias pengantinnya, yakni Mbak Kahiyang Ayu dan Mas Bobby. Nanti saya merias mulai dari siraman, midodareni, ijab, dan resepsi malam,” kata Ny. H.S. Soemaryono, Rabu (1/11/2017).

Baca juga : Kemendikbud dan Mitra Sediakan Ratusan Materi Pengayaan Belajar dari Rumah

Wanita Jawa yang masih terlihat cantik ini menyampaikan gaya rias Solo Putri yang akan dipilih sebagai gaya rias untuk Kahiyang Ayu. Gaya rias tersebut dipilih menyesuaikan dengan konsep acara pernikahan yang mengusung adat Jawa.

Selain itu, menurut dia, gaya rias Solo Putri dipilih juga karena menyesuaikan permintaan Ibu Negara Iriana Jokowi. Ny. H.S. Soemaryono menyebut Ibu Negara meminta agar putrinya tersebut dirias dengan gaya Solo yang klasik.

Baca juga : Gotong Royong Perkuat Ketahanan Keluarga Hadapi Pandemi Covid-19

“Paesnya Solo Putri seperti pengantin Jawa biasa tapi tentu saja yang lebih klasik. Ibu Iriana menghendaki Mbak Kahiyang dirias Solo klasik dengan tata cara yang klasik, tidak mencolok. Pokoknya sesuai pakem. Pada resepsi malamnya juga Mbak Kahiyang dirias dengan gaya pakem Keraton Solo,” imbuhnya lagi.

Riasan gaya Solo Putri memiliki ciri khas menggunakan riasan hitam pekat di bagian dahi pengantin perempuan. Sedangkan gaya rambut pengantin perempuan dalam riasan gaya Solo Putri biasanya dibuat gaya ukel besar dengan tambahan aksesori bunga melati dan cunduk sisir serta cunduk pentul di bagian atas kepala.

Sementara itu, tata rias wajah dan rambut bagi pengantin laki-laki terinspirasi raja Keraton Solo, antara lain di atas kepala akan dikenakan Kuluk Kanigoro.

“Siapa pun yang akan kami rias, kami laku prihatin untuk memohon kepada Allah. Saya akan juga puasa Senin dan Kamis sebelum merias Mbak Kahiyang. Ya saya sudah bertahun-tahun melakukan ibadah itu. Mudah-mudahan amanah ini bisa saya laksanakan dengan sebaik-baiknya dan semoga dapat berjalan lancar, tidak ada halangan suatu apa,” pungkasnya.(Lka)

Artikel Terkait
24 WNI Program Repatriasi Mandiri dari Papua Nugini Tiba Tanah Air
Kemendikbud dan Mitra Sediakan Ratusan Materi Pengayaan Belajar dari Rumah
Gotong Royong Perkuat Ketahanan Keluarga Hadapi Pandemi Covid-19
Artikel Terkini
Penerapan Protokol Kesehatan di Mal Dapat Cegah Penyebaran COVID-19
Menperin Agus: Komponen Sepeda Harus Dibangun di Dalam Negeri
Pakai Face Shield Cegah COvid-19, Perlindungan Tidak Maksimal
Hujan Guyur Kabupaten Tanah Laut, 1.349 Rumah Warga Terendam Banjir
Bersama Para Dirjen dan Kapolda Papua, Mendagri Isi Liburan Naik Gunung
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
gimli