INDONEWS.ID

  • Rabu, 17/01/2018 09:54 WIB
  • Moeldoko Dilantik Jadi KSP, "Old Soldiers Never Die"

  • Oleh :
    • very
 Moeldoko Dilantik Jadi KSP, "Old Soldiers Never Die"
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko saat kuliah umum yang digelar Para Syandicate, di sebuah kawasan di Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2017). (Foto: Indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Ketua Dewan Pembina Hanura Jenderal (Purn) Moeldoko resmi menjabat Kepala Staf Presiden (KSP) menggantikan Teten Masduki.

Moeldoko dilantik di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (17/1/2018).

Baca juga : SiCepat Ekspres Optimis Hadapi Lonjakan Paket Ramadan

Pria kelahiran Kediri 60 tahun silam merupakan lulusan terbaik Akabri tahun 1981. Berbagai jabatan strategis di TNI sudah pernah diemban Moeldoko.

Moeldoko pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura (2010), Pangdam III/Siliwangi (2010), hingga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Puncak karier kemiliterannya saat ia dilantik Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Panglima TNI pada tahun 2013.

Moeldoko pensiun sebagai Panglima TNI pada 2015. Posisinya diganti Gatot Nurmantyo.

Baca juga : Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM

Pensiun dari TNI, Moeldoko masuk ke dunia politik praktis. Ia ditunjuk menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Hanura pada tahun 2016.

Selain itu, Moeldoko juga menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Bahkan akhir-akhir ini, Moeldoko sering tampil di iklan televisi mengampanyekan pembelaannya kepada petani.

Di luar urusan militer dan politik, Moeldoko dikenal dekat dengan Jokowi. Ia pernah menjadi perwakilan keluarga Jokowi di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Namun saat itu, Moeldoko menampik diberi tugas tersebut karena ada muatan politik.

Baca juga : Menko Airlangga: Dampak Kebijakan Hilirisasi, Kinerja Ekspor Indonesia Mampu Cetak Hasil Positif dengan China dan Hampir Seluruh Mitra Dagang

"Nggak usah berpikir terlalu jauh, ini tugas manusiawi. Saya sendiri juga nggak ngerti," ujar Moeldoko seperti dikutip detikcom, Kamis (9/11/2017).

Beberapa bulan berselang, Moeldoko semakin dekat dengan Jokowi. Ia masuk ke dalam ring 1 kabinet Jokowi-JK menjadi KSP menggantikan Teten Masduki. 

Moeldoko adalah representasi dari pepatah lawas “Old Soldiers Never Die”. Kiprahnya kini semakin moncer. Kita tunggu saja kiprah selanjutnya, termasuk apakah bakal dipinang menjadi cawapres mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. (Very)

 

Artikel Terkait
SiCepat Ekspres Optimis Hadapi Lonjakan Paket Ramadan
Satu Dekade Bersama SiCepat Ekspres, Bukti Konsistensi Perusahaan Bantu Masyarakat dan UMKM
Menko Airlangga: Dampak Kebijakan Hilirisasi, Kinerja Ekspor Indonesia Mampu Cetak Hasil Positif dengan China dan Hampir Seluruh Mitra Dagang
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas