INDONEWS.ID

  • Rabu, 28/02/2018 19:57 WIB
  • Injak Usia ke 46, Kredibilitas Basarnas Sangat Dipertaruhkan

  • Oleh :
    • luska
Injak Usia ke 46, Kredibilitas Basarnas Sangat Dipertaruhkan
Ketua Basarnas M Syaugi lakukan pemeriksaan pasukan sebelum upacara HUT Basarnas dimulai. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M. Syaugi mengatakan, di usianya yang ke-46 ini, kredibilitas dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sangat dipertaruhkan.

Hal tersebut dikatakan M Syaugi dalam upacara HUT Basarnas ke-46 di Lapangan Gedung Basarnas, Rabu (28/2/2018).

Baca juga : Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M. Syaugi, SSos, MM. Upacara juga dihadiri oleh sejumlah mantan Kepala Basarnas, Sekretaris Utama, pejabat Basarnas, Wakil DPD RI yang juga mantan Kepala Basarnas Nono Sampono, Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis, perwakilan BNBP serta para stakeholder Basarnas.

Dijelaskan M Syaugi, seluruh jajaran Basarnas harus selalu siap dan mampu melaksanakan tugas yang diamanahkan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi. Syaugi menambahkan sinergi yang telah terbangun baik selama ini dengan unsur TNI, Polri, pemerintah pusat dan daerah, serta para potensi SAR harus terus dipertahankan dan ditingkatkan demi keberhasilan operasi pencarian dan pertolongan di lapangan.

Baca juga : Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang

"Keberhasilan operasi pencarian dan pertolongan yang telah kita raih selama ini bukanlah semata-mata karena kemampuan dari Basarnas sendiri, akan tetapi merupakan perwujudan kerja sama dengan rekan-rekan dalam satu komunikasi yang baik dan sinergitas yang solid," tegas Syaugi, Rabu (28/2/2018).

Sebagaimana diketahui bersama bahwa keberhasilan operasi pencarian dan pertolongan juga ditentukan oleh tiga hal, yaitu kecepatan, ketepatan, dan kompetensi atau sumber daya manusia. Ketiganya menjadi tantangan bagi seluruh jajaran Basarnas untuk mampu mewujudkan dan menjawab tantangan masyarakat yang memerlukan pelayanan pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi.

Baca juga : Prof Tjandra: Ini Alasan WHO Pilih Tema Hari Kesehatan Sedunia Tahun 2024

"Berbagai kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia yang kerap terjadi pastinya membutuhkan pelayanan pencarian dan pertolongan serta penyelamatan dan evakuasi secara profesional. Oleh karena itu, Basarnas harus mampu dan siap sedia setiap waktu dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan," lanjutnya.

Dengan mengusung tema `Melalui Peringatan HUT ke-46 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun 2018 Kita Tingkatkan Profesionalitas dan Sinergitas dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Pencarian dan Pertolongan Secara Cepat, Tepat, Aman, Terpadu, dan Terkoordinasi`, puncak peringatan HUT dimulai pukul 09.00 WIB.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT pada 2018 telah digelar sebelumnya, yang terdiri dari Pekan Olahraga Basarnas, donor darah, bakti sosial, rapat kerja (raker), ziarah ke taman makan pahlawan, serta santunan kepada keluarga pegawai Basarnas yang gugur dalam menjalankan tugas.

Upacara sederhana penuh khidmat menjadi puncak dalam peringatan HUT Basarnas hari ini, yang diikuti seluruh pegawai dan pejabat serta beberapa potensi SAR yang berasal dari TNI, Polri, Jakarta Rescue, damkar, dan Kwarnas Pramuka.

Upacara diawali dengan defile seluruh peserta upacara yang dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh inspektur upacara didampingi komandan upacara. Mereka berkeliling melihat satu persatu kesiapan pasukan sebelum menuju mimbar Inspektur dan tamu undangan.

Pada momentum penting ini juga dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia berupa penyematan Satya Lencana kepada pegawai yang telah mengabdikan dirinya untuk masa kerja 10, 20, dan 30 tahun. (Lka)

 

Artikel Terkait
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang
Prof Tjandra: Ini Alasan WHO Pilih Tema Hari Kesehatan Sedunia Tahun 2024
Artikel Terkini
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas