INDONEWS.ID

  • Senin, 19/03/2018 17:15 WIB
  • Matangkan Persiapan Moto GP, Manajemen Sirkuit Internasional Sentul Sambangi Moeldoko

  • Oleh :
    • very
Matangkan Persiapan Moto GP, Manajemen Sirkuit Internasional Sentul Sambangi Moeldoko
Kepala Staf Kepresiden Moeldoko (tengah), menerima jajaran manajemen Sirkuti Internasional Sentul, di Kantor KSP, Senin (19/3/2018). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo pada 6 Maret lalu meninjau Sirkuit Internasional Sentul sekaligus mendengarkan rencana Tinton Suprapto dan Ananda Mikola untuk mengaktifkan kembali Sirkuit Sentul yang dipersiapkan menjadi tuan rumah ajang MotoGP.

Baca juga : Paceklik Juara Tunggal Putra All England Berakhir, Ginting dan Jojo Bertemu di Final All Indonesian

Saat itu, Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah mendukung peluang Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP pada 2020.

Rencana penyelenggaraan MotoGP di Sentul diakui Presiden Jokowi sangat mendukung potensi pariwisata yang ada di Indonesia. Apalagi bila hal tersebut dikaitkan dengan jumlah penggemar olahraga balap motor yang juga sangat banyak.

Baca juga : Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke Final All England 2024 usai Pecundangi Christo Popov

Terkait hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima Tinton, Ananda dan tim manajemen guna membicarakan rencana tindak lanjut penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, Senin, 19 Maret 2018. Ikut dalam rombongan tersebut antara lain, Komisarit PT Sarana Sirkuitindo Utama, Rio Sarwono.

“Dampak penyelenggaraan MotoGP sangat bagus. Pemerintah kita dipastikan untung. Itulah sebabnya pada 2018 ini Spanyol dan Italia sampai empat kali dan dua kali jadi tuan rumah. Negara tetangga kita pun, Malaysia, Thailand, dan Australia masuk dalam kalender resmi MotoGP 2018,” kata Tinton seperti dikutip siaran pers, Senin.

Baca juga : Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Dalam Final All England 2024

(KSP Moeldoko saat menerima Tinton Suprapto, Ananda Mikola dan manajemen sirkuit internasinal Sentul, di kantornya. Foto: Ist)

Ananda Mikola menambahkan, MotoGP menjadi olahraga otomotif yang digemari berbagai segmen masyarakat Indonesia, dari kalangan atas hingga bawah. “Beda dengan F1 yang hanya disukai lapisan masyarakat tertentu,” kata pembalap yang pernah tampil di ajang Formula 3000, Asian Formula 3, hingga A1 Grand Prix itu.

Sisi bisnis MotoGP dapat terlihat dari persaingan tiga pabrikan motor yang pangsa pasar besarnya ada di Indonesia. “Bayangkan, di motor para pembalap MotoGP terpasang slogan berbahasa Indonesia: Satu Hati dari tim Repsol Honda, Nyalakan Nyali dari Suzuki Ecstar, dan Semakin di Depan milik Movistar Yamaha,” papar Ananda Mikola.

Pada 28 September 1997, Sirkuit Sentul pernah menggelar MotoGP. Saat itu Valentino Rossi turun di kelas 125 cc dan jadi juara dengan bendera Aprilia, sementara kelas 250 cc dijuarai Max Biaggi dari Honda. Adapun podium nomor bergengsi 500 cc dipuncaki trio Honda dengan urutan juara Tadayuki Okada (Jepang) diikuti Mick Doohan (Australia) dan Alex Criville (Spanyol). 

“Saat itu, gelaran MotoGP tak bisa dilanjutkan lagi di Indonesia karena krisis ekonomi,” kenang Tinton.

Kepala Staf Kepresidenan mendukung terwujudnya mimpi besar ini dan meminta agar tim kepanitiaan segera dibentuk lalu segera dikukuhkan. “Segera melangkah, koordinasi dan bersinergi,” kata Moeldoko. (Very)

Artikel Terkait
Paceklik Juara Tunggal Putra All England Berakhir, Ginting dan Jojo Bertemu di Final All Indonesian
Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke Final All England 2024 usai Pecundangi Christo Popov
Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Dalam Final All England 2024
Artikel Terkini
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Mengenal Lebih Jauh Ayush Systems of Medicine India dan Perannya di WHO
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas