INDONEWS.ID

  • Jum'at, 20/04/2018 10:39 WIB
  • TMMD ke 101 Kodim 1416/Muna Berikan Wawasan Soal Bela Negara

  • Oleh :
    • luska
TMMD ke 101 Kodim 1416/Muna Berikan Wawasan Soal Bela Negara
Saat membrikan penyulusan wawasan soal bela negara.(Ist)

Muna Barat, INDONEWS.ID – Disela-sela pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1416/Muna, Satuan tugas (Satgas) TMMD melaksanakan penyuluhan Bela Negara di Aula Balai Desa Sukadamai, Kecamatan Laworo, Kabupaten Muna Barat, Kamis (19/4)/2018. Penyuluhan bela negara ini adalah bagian dari program TMMD melalui sasaran non fisik.

Plt. Kasdim 1416/Muna Mayor Inf Prasetya selaku pembawa materi memberikan beberapa pemaparan terperinci tentang wawasan kebangsaan. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Baca juga : PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara

“Setiap warga negara, berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, sesuai dengan kondisi sekarang ini masyarakat harus cerdas dalam menyikapi perkembangan situasi sekarang ini,” tegas Mayor Prasetya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, 7.663 Pemudik Antarnegara Tercatat Melintas di PLBN Entikong

“Dimana Tugas pokok TNI melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang, untuk kegiatan TMMD ini merupakan salah satu contoh operasi selain perang”, jelas Plt Kasdim.

Pantauan penrem 143 hadir dalam kegiatan ini Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Inf Hamlin, Kepala Desa Suka Damai I Ketutyasa, Ketua LPM, Tokoh Masrakat, Tokoh Agama dan 60 orang masyarakat Suka Damai. (Lka)

Baca juga : Banjir di Kawasan PLBN Aruk Tidak Ganggu Aktivitas Perlintasan Antarnegara
Artikel Terkait
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Arus Balik Lebaran, 7.663 Pemudik Antarnegara Tercatat Melintas di PLBN Entikong
Banjir di Kawasan PLBN Aruk Tidak Ganggu Aktivitas Perlintasan Antarnegara
Artikel Terkini
Perkembangan Terbaru dan "Historic Milestoe" Aturan Kesehatan Internasional
Semangat Kebangkitan Nasional: Perjalanan Inspiratif Mila dari Serang, Banten
HUT Minahasa Tenggara ke 17, Pj Bupati Maybrat Saksikan Festival Benlak 2024 dan Makan Malam Bersama di Ranumboloy Water Park
PJ Bupati Maybrat Hadiri Pentas Seni Festival Benlak 2024 HUT Minahasa Tenggara ke 17
Saksikan Pekan Gawai Dayak Kalbar, Ratusan Warga Malaysia Serbu PLBN Aruk
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas