INDONEWS.ID

  • Rabu, 02/05/2018 14:41 WIB
  • Penampilan Seni dan Budaya Pasukan Garuda Pukau Tentara Unifil di Lebanon

  • Oleh :
    • luska
Penampilan Seni dan Budaya Pasukan Garuda Pukau Tentara Unifil di Lebanon
Pasukan Garuda yang tergabung dalam Unifil saat menggelar pesta budaya

Lebanon, INDONEWS.ID - INDONEWS. seni dan budaya Indonesia yang ditampilkan oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda Unifil (United Nations Interim Forces in Lebanon) Misi Perdamaian Dunia PBB di Lebanon, pada acara “Culture Presentation”, memukau ratusan tentara Unifil.

Acara Culture Presentation yang digelar beberapa waktu lalu di  UN Posn7-3 Lebanon tersebut, Pasukan Garuda menampilkan beragam seni dan budayakhas Indonesia, diantaranya pakaian adat-istiadat, kesenian, pariwisata, aneka makanan dan lain-lain.

Baca juga : Dampingi Kaisar Jepang, Dubes Heri Akhmadi Sebut Proyek MRT Adalah Ikon Budaya & Persahabatan Indonesia

Hadir dalam acara tersebut, Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Deputy Commander Sektor Timur Kolonel Inf Iwan Sumantri, Komandan Konga UnifilKolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo,Dansatgas Sempu Konga XXV-J/Unifil Letkol Cpm Yudho Pramono, Dansatgas Indobat Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. serta seluruh Dansatgas dari beberapa negara yang tergabung dalam Sektor Timur Unifil,seperti India, Nepal, China, Korea, Kamboja, El Savador, Fiji, Brazil, Serbiadan Irlandia.

Kedatangan Dansektor Timur UnifilBrigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Deputy Commander Sektor Timur Kolonel Inf Iwan Sumantri serta Dansatgas yang berada di Sektor Timur Unifil di Markas Sempu, disambut denganpenampilan Tari Yospan khas Papua.

Baca juga : Pameran Seni Budaya Indonesia dibuka di Kota Torzhok, Rusia

Rangkaian acara diawali dengan menyaksikan kebudayaan Indonesia secara visual, antara lain meliputi sejarah bangsa Indonesia, seni budaya, wonderfuIl  Indonesia dan Profil Tentara Nasional Indonesia,dilanjutkan melihat static show yang menampilkan pakaian adat, cinderamata dan makanan ringan khas Indonesia.

Selanjutnya, Dansektor Timur UnifilBrigadier General Fransisco Javier Romero Mari beserta rombonganmenyaksikan kolaborasi kesenian yang dimainkan oleh personel Satgas Indobatt dan Sempu, dengan menampilkan Tari Kecak dari Bali, kesenian Tek-Tek dari Banyumas, seni Barongan dari JawaTengah, kesenian Reog dari Ponorogo dan Tari Aster khas Papua.

Baca juga : Belajar dari Jepang Soal Budaya Bersih

Suasana semakin meriah, tatkalaBrigadier General Fransisco Javier Romero Mari, Kolonel Inf Iwan Sumantri, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo,Letkol Cpm Yudho Pramono, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. besertaseluruh Dansatgas Sektor Timur dan undangan yang hadir ikut ambil bagian menari Aster secara massal.

Menurut Komandan Konga UnifilKolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo,pagelaran pada acara CulturePresentation merupakan cerminan dari keberagaman adat dan budaya bangsaIndonesia.

“Acara ini kami kemas untuk memperkenalkan budaya dan adat Indonesia kepada negara-negaraPeacekeepers Misi PBB di Lebanon, dengan harapan mereka semua mengetahui dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia,” ujarnya, Selasa pada waktu setempat.

Pada kesempatan yang sama,Dansektor Timur Unifil Brigadier General Fransisco Javier Romero Mari asal negara Spanyol menyampaikan bahwa apapun yang ditampilkan Kontingen Indonesia selalu mendapatkan tempat dihati sesama Peacekeepers

“Budaya danKesenian Indonesia sangat beragam danluar biasa, sehingga menggoda kita untuk datang mengunjunginya,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan Culture Presentation di akhiri dengan ramah tamah, foto bersama dan makan siang bersama dengan menu khas asal Indonesia. (Lka)

 

Artikel Terkait
Dampingi Kaisar Jepang, Dubes Heri Akhmadi Sebut Proyek MRT Adalah Ikon Budaya & Persahabatan Indonesia
Pameran Seni Budaya Indonesia dibuka di Kota Torzhok, Rusia
Belajar dari Jepang Soal Budaya Bersih
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas